Konsep Manusia Ahsani Taqwim dan Refleksinya dalam Pendidikan Islam

Priatna, Tedi and Ratnasih, Teti (2017) Konsep Manusia Ahsani Taqwim dan Refleksinya dalam Pendidikan Islam. Artikel Ilmiah. pp. 1-18. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KONSEP MANUSIA AHSANI TAQWIM DALAM ALQURAN.pdf - Draft Version

Download (314kB) | Preview

Abstract

konsep manusia dalam QS. Al-Tin:4 merupakan suatu ideologi yang universal. QS. Al-Tin:4 telah menjelaskan bagaimana cara kita memahami dan menerima persepsi tertentu tentang manusia. Tentu saja ideologi tentang manusia ini sangat bermakna bagi pendidikan Islam, terutama untuk dijadikan sebagai model ideal manusia sebagai tujuan pendidikan Islam. Ungkapan al-Insan yang dipergunakan dalam QS. Al-Tin:4 yang merefleksikan konsep manusia sebagai makhluk sosial dan kultural memberikan tugas bagi pendidikan Islam untuk membantu manusia mencapai kondisi tersebut. QS. Al-Tin:4 telah menempatkan manusia secara simplikatif tidak hanya sebagai bagian sistematik dari realitas makro-kosmos (Alam, lingkungan sosial). Lebih jauh, menuntut peranan kreatif manusia untuk mengelola alam sebagai sumber daya material (material resource), dalam kerangka misi produktif dan inovatif untuk selalu menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran di muka bumi. Pendidikan Islam harus diorientasikan pada upaya pemeliharaan sebaik-baiknya bentuk manusia dan terus mengembangkan dan meningkatkan potensi dan kemampuan yang dimiliki manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manusia, Ahsanu Taqwim, Pendidikan Islam
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tedi Priatna
Date Deposited: 22 May 2018 18:16
Last Modified: 22 May 2018 18:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9459

Actions (login required)

View Item View Item