Manajemen peserta didik: Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqmanul Hakim Arcamanik Kota Bandung

Noviati, Noviati (2018) Manajemen peserta didik: Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqmanul Hakim Arcamanik Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 CAVER SKRIPSI MANAJEMEN PESERTA DIDIK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak ieu.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
5 DAPTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu merupakan lembaga pendidikan tingkat dasar yang berperan penting bagi perkembangan peserta didik pada jenjang pendidikan berikutnya. Peserta didik merupakan salah satu komponen yang menjadi subjek dan objek dalam keberlangsungan pendidikan. Idealnya, lembaga pedidikan dalam mengelola aktivitas pendidikan bermuara pada peserta didik, mulai dari kegiatan rekrutmen peserta didik, pembinaan kedisiplinan peserta didik, sampai menyelenggarakan layanan khusus bagi peserta didik. Namun masih terdapat lembaga yang belum maksimal dalam mengelola aktivitas pendidikan, sehingga pengembangan potensi peserta didik masih belum maksimal. Peserta didik menjadi bagian dari kebermutuan lembaga. Oleh karena itu diperlukan manajemen peserta didik yang baik dan benar, agar segala pontensi yang dimiliki peserta didik dapat terpenuhi dan akan memberi dampak pada mutu lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan latar alamiah, analisis kebutuhan peserta didik, rekrutmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik, pembinaan peserta didik, pencatatan peserta didik, hasil manajemen peserta didik dan faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik. Manajemen peserta didik adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menangani seluruh kegiatan yang dibutuhkan siswa mulai dari diterimanya masuk sekolah, mengikuti proses pendidikan mulai dari intra maupun ekstrakurikuler di lembaga sekolah sampai saat siswa meninggalkan sekolah yaitu mutasi ataupun karena sudah lulus/tamat mengikuti pendidikan pada sekolahan Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan penafsiran deskriptif semata.dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekukan pengamatan, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, uraian rinci, triangulasi, pengecekan teman sejawat, pengecekan anggota dan auditing. Hasil dari manajemen peserta didik di SDIT Luqmanul Hakim berproses mulai dari kegiatan analisis kebutuhan peserta didik, rekrutmen dan seleksi peserta didik, serta pembinaan peserta didik yang merujuk pada hasil psikotes yang dilakukan ketika rekrutmen berlangsung. Aktivitas peserta didik dicatat dan dilaporkan oleh pihak sekolah melalui buku kepribadian siswa dan raport sampai peserta didik meninggalkan sekolah, baik karena lulus ataupun mutasi. Pemberdayaan alumni di SDIT Luqmanul Hakim dilakukan dengan menjalin komunikasi melalui ikatan alumni, yang bernama IKA LH (Ikatan Alumni Luqmanul Hakim).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembinaan; Peserta Didik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Noviati Noviati
Date Deposited: 09 May 2018 02:25
Last Modified: 09 May 2018 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9026

Actions (login required)

View Item View Item