Penerapan model pembelajaran Problem Solving Laboratory untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik pada materi Fluida Dinamis

Abdilah, Yusup (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Solving Laboratory untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik pada materi Fluida Dinamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu aspek penting bagi peserta didik, karena pada abad 21 perkembangan teknologi semakin maju. Hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Bojongmangu Kab. Bekasi menunjukkan nilai tes keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving Laboratory (PSL) dimana kegiatan pembelajaran berupa praktikum untuk menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model PSL dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diberikan pembelajaran dengan model PSL. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 41 orang. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari lembar observasi dan lembar kegiatan peserta didik, sedangkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh dari nilai N-gain pretest dan postest peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlakasanaan aktivitas guru dan peserta didik berdasarkan lembar observasi diperoleh persentase rata-rata 91,19% dan 86,67% termasuk kategori sangat baik. Skor rata-rata lembar kegiatan peserta didik diperoleh 69,03 termasuk kategori baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan Index N-gain diperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,41 termasuk pada kategori sedang. Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis didasarkan dari uji wilcoxon dimana Zhitung (5,6) > ZTabel (1,65). Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PSL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving Laboratory; Keterampilan Berpikir Kritis; Fluida Dinamis
Subjects: Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 02 Jun 2018 04:59
Last Modified: 18 Apr 2019 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/8898

Actions (login required)

View Item View Item