Peranan keluarga dalam pembinaan keagamaan remaja: Studi kasus di RW 05 Desa Pasirbiru Bandung

Maemunah, Siti (2007) Peranan keluarga dalam pembinaan keagamaan remaja: Studi kasus di RW 05 Desa Pasirbiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Remaja adalah masa seseorang melakukan pencarian jati diri,seringkali karena keinginannya tersebut remaja menjadi lepas kontrol, bersipat introvert bahkan radikal terhadap lingkungannya. Agama merupakan dasar pijakan pencarian jati diri dan keluarga adalah unit sosial dasar yang pertama bagi remaja dan memiliki peranan dalam perkembangan keagamaan remaja. Di satu sisi adanya remaja yang memiliki perilaku yang kurang baik, seperti mabuk-mabukan,judi dll. Namun di sisi lain keluarga sangat menginginkan anaknya memiliki perilaku yang berlandaskan ajaran agama,oleh karena itu pembinaan dalam bidang keagamaan dalam keluarga menjadi sesuatu hal yang penting untuk dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan keluarga dan remaja di RW 05 Desa Pasir Biru; mengetahui proses pembinaan keagamaan (di lingkungan keluarga) terhadap remaja di RW 05 Desa Pasir Biru dan untuk mengetahui perilaku keagamaan remaja di RW 05 Desa Pasir Biru. Penelitian ini berlandaskan pada teori Struktural Fungsional dan teori Peranan, menurut teori Fungsional keluarga terdiri dari ayah, ibu, anak dan memiliki fungsi masing-masing. Menurut teori Peranan, status social dari keluarga menimbulkan hak dan kewajiban dan dijalankan sesuai dengan fungsi masing-masing. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode penelitian tentang dunia empiris yang terjadi pada masa sekarang. Tekhnik pengumpulan data yang ditempuh melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Langkah-langkah ini diharapkan agar dapat memperoleh gambaran yang sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sipat-sipat dan fenomena mengenai Keluarga dan Pembinaan Keagamaan Remaja. Dengan melihat fenomena di atas, maka hasil penemuan penulis antara lain bahwa keluarga dengan tingkat variasi ekonomi memiliki kesadaran akan pentingnya pembinaan di bidang agama,ini tercermin dari perilaku remaja hasil dari proses pembinaan yang di laksanakan dalam keluarga menunjukan tingkat yang positif walaupun perubahan yang terjadi secara bertahap karena berbagai kendala yang di hadapi seperti kurangnya pemahaman keagamaan dari orang tua. Setelah diadakan penelitian, dapat disimpulkan bahwa keadaan sosial ekonomi setiap keluarga memiliki variasi yang berbeda, namun mereka menyadari akan pentingnya pendidikan dalam bidang agama, dari sisi keutuhan keluarga mereka telah mampu membangun komunikasi antar anggota keluarga dengan cukup baik, kemudian kesadaran akan pentingnya agama ditunjukan oleh adanya proses pembinaan keagamaan terhadap remaja dalam keluarga walaupun masih dalam lingkup yang sederhana dan masih banyak hambatan yang mereka temui, seperti kurangnya pemahaman agama orang tua sebagai pembimbing dll. Hasil dari pembinaan keagamaan terlihat dari perilaku remaja yang menunjukan perubahan ke arah yang lebih baik dan bersipat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembinaan remaja; peranan keluarga;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 08:34
Last Modified: 04 Sep 2019 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item