Perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan reciprocal teaching pada sub materi alat indera: Penelitian pada siswa kelas XI MAN Cililin Bandung Barat

Nurdianti, Astri (2013) Perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan reciprocal teaching pada sub materi alat indera: Penelitian pada siswa kelas XI MAN Cililin Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab12028129.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak pada nilai rata-rata siswa yang belum bisa mencapai nilai KKM. Selain itu model pembelajaran yang digunakan guru hanya model jigsaw dan NHT saja. Pada proses pembelajaran ini guru guru merasa kesulitan untuk menyesuaikan antara model dengan materi pembelajaran terutama sub materi alat indera karena materi ini sulit dimengerti, di dalamnya banyak terdapat kata-kata ilmiah dan proses-proses yang tak dapat dilihat dengan kasat mata. Maka dari itu, peneliti menawarkan model pembelajaran yang dapat menjadi salah satu solusi alternatif yaitu dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dan Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan Reciprocal Teaching, hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan Reciprocal Teaching serta untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada sub materi alat indera. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen design. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test sebagai data primer serta laporan observasi sebagai data penunjang. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah diujicobakan terlebih dahulu di MAN Cimahi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata kelas POE (Predict-Observe-Explain) diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 47, posttest sebesar 76 dan N-Gain sebesar 0,56 dengan kategori baik dan untuk kelas Reciprocal Teaching diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 44,83, posttest sebesar 74,66 dan N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori baik. Hasil analisis uji wilcoxon, menunjukkan bahwa Zhitung > Ztabel, yaitu 2,11 > 1,65 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching, dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa; Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain); Reciprocal Teaching; alat indera;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2016 02:40
Last Modified: 25 Apr 2019 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item