Penerapan model pembelajaran peer instruction with structured inquiry (PISI) dan anchored instruction (AI) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada kelas XI SMAN 1 Cicurug

Bhaskara, Budi (2018) Penerapan model pembelajaran peer instruction with structured inquiry (PISI) dan anchored instruction (AI) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada kelas XI SMAN 1 Cicurug. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMAN 1 Cicurug terhadap tiga kelas, yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran siswa dan guru yang menggunakan model PISI dan model AI; (b) peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran PISI dan AI; (c) perbandngan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara yang menggunakan model PISI dan model AI; d) sikap siswa terhadap model PISI dan model AI. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal komunikasi matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Hasil pengolahan data diperoleh: (a) gambaran proses pembelajaran siswa sesuai dengan observasi siswa dan guru; (b) peningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model PISI dan model AI memiliki interpretasi sedang; (c) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model PISI lebih baik dibandingkan dengan model AI dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model PISI serta AI lebih baik dibandingkan dengan model konvensional; (d) hampir seluruhnya siswa merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran matematika dengan model PISI dan AI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peer Instruction with Structured Inquiry; Anchored Instruction; komunikasi matematis
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Budi Bhaskara
Date Deposited: 05 Jun 2018 01:47
Last Modified: 05 Jun 2018 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/7567

Actions (login required)

View Item View Item