Penerapan Model Pembelajaran Change of Pairs pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 26 Bandung

Wahyudi, Indira Nabilla Insani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Change of Pairs pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 26 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diperkuat dengan hasil studi pendahuluan di SMAN 26 Bandung, salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Change of Pairs pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Change of Pairs dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Gambaran aktivitas guru menggunakan model Change of Pairs mengalami peningkatan pada pertemuan kedua dan gambaran aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. (b) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Change of Pairs mengalami peningkatan dengan tingkat interpretasi tinggi. (c) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional mengalami peningkatan dengan tingkat interpretasi sedang. (d) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Change of Pairs lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM. (e) Peserta didik memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Change of Pairs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis; Change of Pairs
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Indira Nabilla Insani Wahyudi
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:27
Last Modified: 04 Apr 2018 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/7129

Actions (login required)

View Item View Item