Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem : Penelitian dan Pengembangan pada Siswa kelas X SMA PGRI Rancaekek Kab.Bandung

Redianto, Cecep Dian (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem : Penelitian dan Pengembangan pada Siswa kelas X SMA PGRI Rancaekek Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi untuk mengaktifkan siswa dan memberikan pendalaman materi kepada siswa yaitu dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah LKS pembelajaran layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan penelitian Research and Development (R&D). Desain uji coba penelitian menggunakan desain One-Shoot Case Study.Uji coba skala kecil dan skala besar dilakukan di SMA PGRI Rancaekek Kabupaten Bandung sebanyak 42 siswa, dengan sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling dengan pertimbangan untuk memperoleh hasil yang baik. Hasil persentase kelayakan LKS berbasis inkuiri terbimbing dari validator media sebesar 84,2% dengan kriteria baik, validator materi sebesar 88,1% dengan kriteria baik, guru biologi sebesar 97,3% dengan kriteria sangat baik dengan jumlah persentase keseluruhan 90,2% kriteria Sangat Baik. Hasil belajar siswa berdasarkan nilai KKM dengan persentase ketuntasan 83% tuntas. Respon siswa terhadap LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan persentase 96,8% kriteria sangat dapat diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem untuk kelas X layak dan dapat diterapkan di sekolah sebagai pendukung sumber belajar. Kata kunci: LKS, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa, Ekosistem

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKS; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar Siswa; Ekosistem
Subjects: Education, Research
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Cecep Dian Redianto
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:38
Last Modified: 16 Mar 2018 07:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6849

Actions (login required)

View Item View Item