Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFAE) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik(Penelitian Quasi Eksperimen di kelas XI IPA SMAN Jatinangor Kab.Sumedang)

nurul aliyah, nabilla (2017) Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFAE) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik(Penelitian Quasi Eksperimen di kelas XI IPA SMAN Jatinangor Kab.Sumedang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Latar belakang ini berawal sulitnya memahami materi sistem reproduksi dan tidak diiringi dengan pemahaman yang baik, oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang dapat memicu siswa agar dapat berpikir kritis hal ini dikarenakan pelaksanaan pembelajaran didominasi oleh guru yang masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit karena mempunyai kajian objek yang bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keterlaksanaan model pembelajaran student facilitator and explaining, menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi, menganalisis pengaruh pembelajaran student facilitator and explaining, mengetahui respon siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu secara Random kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 adalah kelas kontrol Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi tanpa menggunakan model student facilitator and explaining adalah 79,1 dengan kategori baik dan N-Gain 0,5 dengan kategori sedang. keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan model student facilitator and explaining adalah 90,01 dengan kategori sangat baik dan N-Gain 0,8 denga kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 8,95 dan ttabel =2,01 maka thitung > ttabel dengan α sebesar 0,05, Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model student facilitator and explaining berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada materi sistem reproduksi, sedangkan respon siswa pada pembelajaran adalah 3,5 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: NABILLA NURUL ALIYAH
Date Deposited: 14 Mar 2018 09:06
Last Modified: 14 Mar 2018 09:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6743

Actions (login required)

View Item View Item