Pengembangan LKS Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Indera: Penelitian pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Tanjungsiang Subang

Asyaef, Rijal Fathurrahman (2017) Pengembangan LKS Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Indera: Penelitian pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Tanjungsiang Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru dan LKS tidak dibuat oleh guru melainkan dibeli siswa yang hanya jadi acuan untuk mengerjakan soal-soal setelah pembelajaran dan hanya dijadikan buku PR untuk siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk LKS, mendeskripsikan efektifitas LKS dan respon siswa terhadap LKS serta menganalisis peningkatan keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), untuk teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling menghasilkan 35 siswa dari kelas XI ipa 1. Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan desain LKS, proses validasi para pakar, uji lapangan dan tanggapan siswa terhadap LKS. Hasil validasi LKS oleh 2 pakar materi mendapatkan rata-rata presentase 59,78% dengan katergori layak, hasil validasi 2 pakar media mendapatkan rata-rata persentase 53,73% dengan kategori layak dan hasil validasi materi oleh guru biologi mendapatkan 91,30% dengan kategori sangat layak, sedangkan validasi media oleh guru biologi mendpatkan 95,31% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap LKS berbasis konstruktivisme sebesar 75,5% dengan kategori setuju. Keterampilan proses sains siswa mendapatkan rata-rata pretest 29,52, posttest 56,94, gain 27,42 dan N-gain 0,38 dengan kategori sedang.. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS praktikum berbasis konstruktivisme layak digunakan dalam pembelajaran IPA pada sub tema sistem indera dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKS praktikum;Konstruktivisme;Keterampilan proses sains
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rijal Fathurrahman Asyaef
Date Deposited: 13 Mar 2018 02:36
Last Modified: 13 Mar 2018 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6678

Actions (login required)

View Item View Item