Peran customer service sebagai upaya meningkatkan loyalitas pelanggan

Yuningsih, Yuyun (2013) Peran customer service sebagai upaya meningkatkan loyalitas pelanggan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover(1)(1).pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak(1)(1).pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
3_daftarisi(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
4_bab1(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
5_bab2(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
6_bab3(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
7_bab4(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
9_daftarpustaka(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini perusahaan atau lembaga terus bersaing ketat untuk mendapatkan citra yang baik dimata publik yang merupakan bagian eksternal dari perusahaan, oleh karena itu Rumah Sakit Al-Islam Bandung yang bergerak di bidang pelayanan jasa sangat bergantung pada pelanggan (pasien). Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa maju dan mundurnya suatu perusahaan/lembaga ditentukan oleh pelanggan. Hal tersebut dapat terealisasi apabila terjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Maksud dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana peran Customer service sebagai upaya meningkatkan loyalitas pelanggan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah pertukaran sosial (sosial exchange model) yang dikemukakan oleh Thibault dan Kelley. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, metode ini digunakan untuk mengetahui gambaran tentang peran customer service sebagai upaya meningkatkan Loyalitas pelanggan di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Lokasi penelitian, metode penelitian, jenis data, sumber data yang terdiri dari data primer dan sekunder dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunujukan bahwa perancanaan customer service sebagai upaya meningkatkan loyalitas pelanggan dengan Responsif, Siap dan siaga, memesona dalam pelayanan, berpenampilan menarik, anggun dalam berbicara. Adapun dalam pelaksanaan customer service Ruamh Sakit Al-Islam Bandung sebagai uapaya dalam meingkatkan loyalitas pelanggan, senyum, salam, sapa gesit dan resposif. Sedangkan peranan customer service Rumah Sakit Al-Islam Bandung, tugas memberi iformasi pada pelanggan serta membentuk image perusahaan karena customer service merupakan ujung tombak suatu perusahaan. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disipmulkan bahwa peran customer service sebagai upaya meningkatkan loyalitas pelangggan sudah berjalan dengan baik hanya saja perlu adanya tambahan petugas customer service untuk mengatasi atrian para pelanggan/pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: customer service; loyalitas pelanggan
Subjects: Econmics
Business
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 02:04
Last Modified: 28 Jun 2019 03:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item