Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Materi Pendidikan Agama Islam Hubungannya Dengan Keaktivan Belajar Siswa (Penelitian Di Kelas VII B MTs Unwanul Falah Kabupaten Bandung)

Latifah, Isma (2017) Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Materi Pendidikan Agama Islam Hubungannya Dengan Keaktivan Belajar Siswa (Penelitian Di Kelas VII B MTs Unwanul Falah Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih banyak mengalami hambatan dan permasalahan diantaranya timbulnya kejenuhan pada siswa di kelas dimana keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran kurang. Berdasarkan hal tersebut, apakah penerapan model pembelajaran Advance Organizer pada materi Pendidikan Agama Islam ada hubungannya dengan keaktivan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas penerapan model pembelajaran Advance Organizer pada materi PAI, realitas keaktivan belajar siswa dan hubungan antara penerapan model pembelajaran Advance Organizer pada materi PAI dengan keaktivan belajar siswa. Penelitian ini berdasarkan pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa model pembelajaran Advance Organizer merupakan cara pembelajaran yang berorientasi pada masalah-masalah kontekstual yang berhubungan dengan kehidupan nyata sehari-hari, siswa dilatih untuk berfikir kreatif dan mandiri, model ini juga menghendaki siswa untuk mencari pemecahan masalah dengan melalui pengembangan hipotesis dan penyelidikan sehingga peran aktif siswa sangat ditekankan sehingga dapat meningkatkan keaktivan belajar mereka pada materi PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik dengan pendekatan analisis parsial dan korelasi melalui langkah-langkah uji normalitas dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Advance Organizer termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,84. Keaktivan belajar mereka termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,88. Hubungan antara keduanya termasuk ke dalam kategori korelasi tinggi dengan nilai sebesar 0,69. Hasil uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa bahwa t hitung 5,42 > t tabel 2, 04 maka hipotesis alternatif (Ha) tersebut diterima. Uji pengaruh variabel X terhadap variabel Y memperoleh nilai sebesar 31%, artinya ada faktor lain sebesar 69% yang dapat mempengaruhi keaktivan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 12:23
Last Modified: 30 May 2018 12:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item