Perbandingan antara penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa: Penelitian Quasi Experiment terhadap siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung pada mata pelajaran PAI

Nugraha, Ipan (2018) Perbandingan antara penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa: Penelitian Quasi Experiment terhadap siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung pada mata pelajaran PAI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya model pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar namun kenyataannya di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru banyak guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang terkesan monoton dan variasi model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan siswa kurang memahami materi yang diajarkan. Model pembelajaran yang dipandang dapat memunculkan aktivitas siswa diantranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan think pair share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model pebelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran PAI; (3) perbandingan peningkatan aktivitas belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan think pair share pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru memilih model pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan think pair share. Kedua tipe ini cenderung memunculkan aktivitas belajar siswa. Kelebihan dari kedua tipe tersebut adalah tipe jigsaw yaitu terdapatnya kelompok ahli yang lebih memahami dalam materi pembelajaran yang harus menyampaikan informasinya kepada tim asal; dan think pair share dapat berbagi informasi dalam memecahkan masalah dengan teman sebangku sebagai passangannya dan juga saling berbagi informasi dengan pasangan lainnya Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Subjek yang dijadikan penelitian yaitu kelas X TKJ 1 sebanyak 22 siswa menggunakan tipe jigsaw dan X TKJ 2 sebanyak 21 siswa menggunakan tipe think pair share. Hipotesis yang diajukan adalah “Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan think pair share di kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI dikategorikan baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 80%; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran PAI dikategorikan baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 73.21%; (3) perbandingan peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan tipe jigsaw skornya (44.77) persentasenya (80%) dan menggunakan tipe think pair share skornya (41) persentasenya (73,21%), angka tersebut menunjukan adanya perbedaan aktivitas belajar siswa menggunkan tipe jigsaw dan tipe think pair share.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan; Kooperatif; Jigsaw; Think Pair Share; Aktivitas; Belajar; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ipan Nugraha
Date Deposited: 02 Mar 2018 07:47
Last Modified: 02 Mar 2018 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6498

Actions (login required)

View Item View Item