Peran Dompet Dhuafa Jawa Barat dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Microlibrary : Studi deskriptif di Microlibrary Jl. Bima No.103, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

Zamil, Scheima Amelia (2022) Peran Dompet Dhuafa Jawa Barat dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Microlibrary : Studi deskriptif di Microlibrary Jl. Bima No.103, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Dompet dhuafa merupakan lembaga sosial yang menghimpun dari berbagai sumber dana seperti zakat, infaq, sedekah dan wakaf serta dana halal lainnya. Permasalahan yang masih sering timbul di tengah kalangan masyarakat adalah terkait pengalokasian dan pengelolaan dana tersebut. Dana zakat hanya dapat dirasakan jangka pendek dan tidak mementingkan hasil jangka panjang, maka dari itu perlu adanya pengalokasian dana ZISWAF terhadap pemberdayaan terkhusus dalam bidang pendidikan yang kedepannya akan menjadi solusi untuk pengentasan kemiskinan. Salah satu upaya yang dilakukan Dompet Dhuafa Jabar dalam pengalokasian dan pengelolaan dana ZISWAF untuk hasil jangka panjang adalah dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui program microlibrary. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan Dompet Dhuafa Jawa Barat dalam pemberdayaan melalui program microlibrary, 2) kemudian proses, 3) Indikator keberhasilan dalam pemberdayaan masyarakatyang dilakukan tersebut. Penelitian ini didasarkan pada teori pemberdayaan dari Edi Suharto. Teori ini menjelaskan bahwa pemberdayaan merupakan proses dan tujuan atau hasil yang ingin dicapai dari pemberdayaan yang dilakukan. Metode yg digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil peneltian menunjukan bahwa: 1). Perancanaan dompet dhuafa dalam memberdayakan masyarakat melalui program microlibrary yang telah disusun secara terperinci, Mulai dari tahap proses perencanaan sumber daya manusia, menyusun struktur organisasi, sosialisasi program, menjelaskan tujuan dan sasaran program, dan terakhir yaitu mengeksekusi porgram yang akan dilaksanakan oleh lembaga untuk memberdayakan masyarakat yang ada di sekitar microlibrary. 2). Pelaksanaan pemberdayaan melalui program Microlibrary dengan mengadakan kegiatan pembelajaran untuk transfer keilmuan dalam bentuk kegiatan dengan metode pembelajaran melalui seminar, pembelajaran melalui bermain untuk anak usia dini, bercerita atau berdiskusi, dan belajar melalui musik terhadap para perserta didik yang belajar di Microlibrary. 3). keberhasilan pemberdayaan masyarakat ini dapat dilihat dari banyaknya minat peserta yang ikut dalam program ini, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa. Bahkan program ini masih berlangsung sampai saat ini. Program Microlibrary ini mampu memberikan edukasi terhadap penerima manfaat, mengubah pola pikir anak yang kurang positif untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif, dan anak-anak semakin percaya diri dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Dompet Dhuafa; Pemberdayaan; Masyarakat;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Scheima Amelia Zamil
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:00
Last Modified: 02 Feb 2023 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64243

Actions (login required)

View Item View Item