Sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar yang bervariasi dan hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di sekolah : Penelitian korelasi terhadap siswa kelas 6 SD Negeri 203 Kacapiring

Kuncoro, Galang Adi (2022) Sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar yang bervariasi dan hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di sekolah : Penelitian korelasi terhadap siswa kelas 6 SD Negeri 203 Kacapiring. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI. Siswa terkadang mengalami bosan dan kurang minat dalam mengikuti pembelajaran PAI didalam kelas, dilihat dari respon dan kondisi peserta didik dalam kelas yang sering mengantuk dan tidak memperhatikan. Diketahui bahwa dalam proses pembelajaran PAI metode yang digunakan lebih banyak menggunakan metode ceramah. Guna meningkatkan motivasi belajar siswa, tentunya seorang guru harus mengetahui berbagai macam metode dan memilih metode yang tepat dalam setiap pembelajaran. Kemudian muncul pertanyaan adakah hubungan antara sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar yang bervariasi dengan motivasi belajar mereka? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar yang bervariasi dalam mata pelajaran PAI di kelas 6 SDN 203 Kacapiring Bandung. 2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas 6 SDN 203 Kacapiring Bandung. 3) Sejauh mana hubungan sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar yang bervariasi dengan motivasi belajar siswa di kelas 6 SDN 203 Kacapiring Bandung Penelitian ini diasumsikan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI memiliki keterkaitan dengan sikapnya terhadap penerapan metode mengajar yang bervariasi. Hipotesisnya adalah semakin positif sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar bervariasi maka semakin tinggi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI, begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 82 siswa. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Realitas sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar yang bervariasi berkualifikasi positif (skor 4,21). 2) Realitas motivasi belajar siswa berkualifikasi tinggi (skor 4,28). 3) Realitas Sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar yang bervariasi dengan motivasi belajar mereka berkualifikasi kuat (skor 0,675). (a) koefisien korelasi sebesar 0,675, termasuk pada kategori kuat, berdasarkan pada interval 0,600 – 0,799. (b) Hipotesisnya diterima, artinya semakin positif sikap siswa terhadap penerapan metode mengajar bervariasi maka semakin tinggi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI, hal ini berdasarkan pada nilai thitung (11,07) > ttabel (1,990). Dan (c) Derajat pengaruh dari sikap siswa dengan penerapan metode mengajar yang bervariasi terhadap motivasi belajar mereka yaitu sebesar 46%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PAI; Metode mengajar; Motivasi belajar
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Galang Adi Kuncoro
Date Deposited: 02 Feb 2023 05:23
Last Modified: 02 Feb 2023 05:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64240

Actions (login required)

View Item View Item