Penerapan model cooperative learning tipe TGT (Team Games Tournament) berbantuan quizizz untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak lurus

Fadhlurohman, Auva (2022) Penerapan model cooperative learning tipe TGT (Team Games Tournament) berbantuan quizizz untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Minat belajar berperan penting dalam peningkatan kemampuan peserta didik dalam berpikir secara kritis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meneliti (1) keterlaksanaan model cooperative learning tipe TGT berbantuan Quizizz, (2) peningkatan efektivitas model cooperative learning tipe TGT berbantuan Quizizz untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak lurus di SMA PGRI 3 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 peserta didik di kelas X MIPA SMA PGRI 3 Bandung, sedangkan sampel penelitian adalah 50 peserta didik yang terbagi atas dua kelas yaitu 25 peserta didik di kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 25 peserta didik di kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran materi gerak lurus pada kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan model cooperative learning tipe TGT berbantuan Quizizz memperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dengan interpretasi sangat baik. Sedangkan pada kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan model cooperative learning tipe TGT menggunakan media konvensional berupa soal dalam amplop memperoleh nilai rata-rata sebesar 89% dengan interpretasi sangat baik, (2) peningkatan keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen memperoleh nilai N-gain sebesar 0,65 dengan interpretasi sedang, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai N-gain sebesar 0,49 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan t-test menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,01 lebih kecil daripada 0,05 maka Ha diterima dan H_0¬ ditolak yang secara signifikan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dimana kelas eksperimen dengan model cooperative learning tipe TGT berbantuan Quizizz memperoleh peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT menggunakan media konvensional pada materi gerak lurus di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di SMA PGRI 3 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning tipe TGT; keterampilan berpikir kritis; Quizizz
Subjects: Education, Research
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ranti Wulan Pratiwi
Date Deposited: 02 Feb 2023 08:36
Last Modified: 02 Feb 2023 08:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64224

Actions (login required)

View Item View Item