Penggunaan metode Drill untuk meningkatkan kemampuan menghafal bacaan salat di kelas II SD : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SDN 106 Ajitunggal Cijambe Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Narini, Nitia Andi (2022) Penggunaan metode Drill untuk meningkatkan kemampuan menghafal bacaan salat di kelas II SD : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SDN 106 Ajitunggal Cijambe Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menghafal bacaan salat siswa masih rendah. Sebelumnya, peneliti berbincang dengan guru mata pelajaran PAI di SDN Ajitunggal Cijambe dan guru PAI menyarankan untuk meneliti menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dari biasanya. Diketahui saat pembelajaran berlangsung cenderung lebih berpusat pada guru, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, antusias saat belajar masih kurang, hasil menghafal siswa juga masih dibawah KKM, penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Mengetahui proses penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menghafal bacaan salat di kelas II SD pada tahap pra siklus. (2) Mengetahui proses penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menghafal bacaan salat di kelas II SD pada setiap siklus. (3) Mengetahui peningkatan kemampuan menghafal siswa menggunakan metode drill di kelas II SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan merupakan tes lisan. Pada penelitian ini objek yang digunakan adalah siswa kelas II SDN Ajitunggal Cijambe dengan jumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghafal bacaan salat siswa pada tahap pra siklus hanya mencapai 32% yang berhasil mencapai KKM dengan rata-rata nilai 60. Adapun gambaran proses pembelajaran menghafal bacaan salat menggunakan metode drill dengan hasil Pada siklus I tindakan I mendapatkan nilai rata-rata 69, dengan kategori A sebanyak 8 siswa, dengan kategori B sebanyak 8 siswa, dengan kategori C sebanyak 12 siswa, dengan kategori D sebanyak 5 siswa. Siswa yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 16 siswa dengan persentase 47%. Pada siklus I tindakan II mendapatkan nilai rata-rata 71, dengan kategori A sebanyak 9 siswa, dengan kategori B sebanyak 13 siswa, dengan kategori C sebanyak 4 siswa, dengan kategori D sebanyak 8 siswa. Siswa yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 22 siswa dengan persentase 65%. Pada siklus II Tindakan I mendapatkan nilai rata-rata 78, dengan kategori A sebanyak 17 siswa, dengan kategori B sebanyak 8 siswa, dengan kategori C sebanyak 5 siswa, dengan kategori D sebanyak 4 siswa. Siswa yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 25 siswa dengan persentase 74%. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menghafal bacaan salat siswa di kelas II SDN Ajitunggal Cijambe.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill; Bacaan Salat
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nitia Andi Narini
Date Deposited: 02 Feb 2023 00:35
Last Modified: 02 Feb 2023 00:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64175

Actions (login required)

View Item View Item