Penerapan metode Reward & Punishment dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi eksperimen di kelas XI SMAN Jatinangor Sumedang

Jannata, Muhammad Adam Kautsar (2022) Penerapan metode Reward & Punishment dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi eksperimen di kelas XI SMAN Jatinangor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Jatinangor yang masih cenderung menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan hafalan. Selain itu siswa sering tidak fokus memperhatikan penjelasan guru. Siswa hanya mendengar, membaca, menghafal dan mengerjakan tugas yang diberikan guru bidang studi tanpa diberikan kesempatan berdiskusi. Hal tersebut meninggalkan adanya masalah yaitu hasil belajar kognitif siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, menurut peneliti perlu diterapkan metode belajar yang tepat. Salah satu metode pembelajaran tersebut adalah metode pembelajaran reward & punishment. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan metode reward &punishment pada mata pelajaran PAI di kelas SMA Negeri Jatinangor. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siwa antara yang menggunakan metode reward & punishment dan metode konvensional di kelas XI SMAN Jatinangor Sumedang. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir bahwa metode reward &punishment dapat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar. Metode reward & punishment sebagai metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, dalam arti siswa berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan metode metode reward & punishment diduga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan perhitungan statistika dan logika. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA-5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA-7 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) Penerapan metode reward &punishment pada Pendidikan Agama Islam di kelas XI MIPA-5 berjalan dengan baik dengan rata-rata nilai observasi guru sebesar 85% dan siswa sebesar 89,83% yang berada pada kategori baik. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan metode reward & punishment dan metode konvensional di SMAN Jatinangor Sumedang dengan didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 65.41 untuk kelas eksperimen dan 66.04 untuk kelas kontrol, sedangkan pada hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 86.04 untuk kelas eksperimen dan 80.34 untuk kelas kontrol. Adapun peningkatan yang diberikan metode reward & punishment terhadap hasil belajar kognitif yaitu sebesar 60%, nilai tersebut diambil dari peningkatan N-gain kelas eksperimen. Begitu juga dengan hasil uji-T yang diambil dari nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan metode reward & punishment dan metode konvensional terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri Jatinangor Sumedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Metode Reward & Punishment: Hasil belajar kognitif siswa; PAI
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Adam Kautsar Jannata
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:06
Last Modified: 01 Feb 2023 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64128

Actions (login required)

View Item View Item