Minat belajar siswa hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik tema cuaca : Penelitian korelasional di kelas III MI Al-Huda Rancaekek

Maulana, Muhammad Imam (2022) Minat belajar siswa hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik tema cuaca : Penelitian korelasional di kelas III MI Al-Huda Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena berdasarkan penelitian pendahuluan di MI Al-Huda ditemukan adanya beberapa siswa yang diduga memilki minat yang rendah dalam belajar seperti suka bermain ketika kegiatan belajar berlangsung, suka mengobrol sesama teman , bolak balik ke kamar mandi, dan tidak memperhatikan penjelasan guru saat belajar. Dilain hal ada siswa yang kurang minat belajarnya tetapi hasil belajarnya bagus adapula beberapa siswa yang minat belajarnya kurang hasil belajarnya pun kurang. Selanjutnya adapula siswa yang minat belajarnya tinggi tetapi hasil belajarnya rendah, munculnya masalah tersebutdalam proses pembelajaran merupakan persoalan utama yang harus dicari jalan keluarnya melalui tindakan langsung dilapangan. Bedasarkan uraian diatas maka terdorong untuk meneliti keterkaiatan minat belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara indikator-indikator minat belajar siswa dengan indikator hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik tema cuaca. Adapun indikator minat belajar siswa yang diambil peneliti hanya 3 yaituketertarikan untuk belajar, perhatian dalam belajar, dan keterlibatan belajar. Adapun indikator hasil belajar siswa peneliti mengambil ranah kognitif yaitu C1 (mengetahui), C2 (memahami), dan C3 (mengaplikasi) karena peneliti meneliti dikelas rendah yaitu kelas III MI Al-Huda Rancaekek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif penelitian ini dilakukan dikelas III MI Al-Huda Rancaekek. Teknik penelitian ini menggunakan prohability sampling yaitu dengan memberikan peluang yang sama untuk kelas III. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket dan tes yang dilakukan uji Validitas dan uji Reliabilitasnya. Sedangkan untuk analisis data, menggunakan teknik korelasi product moment yang teknik perhitungannya menggunakan program Kolmogrov-Smirnov SPSS versi 26. Hasil penelitian yang menunjukan bahwa :1) Minat Belajar Siswa berada pada katagori tinggi dengan persentase 63,63 % dan hasil rata-rata jawaban sebesar 63,3; 2) Hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik tema cuaca persentase 59% dan rata-rata jawaban sebesar 72,0; 3) Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik tema cuaca memperoleh hasil 0,722 yang berada pada katagori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa; hasil Belajar Kognitif; Pembelajaran Tematik Tema cuaca
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: muhammad imam maulana
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:53
Last Modified: 31 Jan 2023 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64113

Actions (login required)

View Item View Item