Pembelajaran Differentiated Instruction untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa : Penelitian di MTs Darul Hikmah Kabupaten Purwakarta

Suhara, Muhammad Isnain Nurul Fajri (2022) Pembelajaran Differentiated Instruction untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa : Penelitian di MTs Darul Hikmah Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis menjadi salah satu kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran dan menjadi dasar dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi kurang terpenuhinya harapan pada kemampuan pemahaman matematis siswa. Oleh karena itu, pembelajaran differentiated instruction menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran differentiated instruction. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan tipe Nonequivalent Control Group Design dengan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di MTs Darul Hikmah Kabupaten Purwakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu (1) hasil belajar kemampuan pemahaman matematis siswa dengan pembelajaran differentiated instruction dan pembelajaran konvensional berdasarkan rata-rata posttest berada pada kategori cukup, (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran differentiated instruction lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Differentiated Instruction; Kemampuan Pemahaman Matematis; Pembelajaran Berdiferensiasi
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Isnain Nurul Fajri Suhara
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:15
Last Modified: 02 Feb 2023 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64035

Actions (login required)

View Item View Item