Pengaruh bimbingan tahfidz Al-quran terhadap motivasi menghafal Al-quran Siswa: Penelitian pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Miftahul Huda Desa Babakanloa, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut

Kurniandi, Reza (2022) Pengaruh bimbingan tahfidz Al-quran terhadap motivasi menghafal Al-quran Siswa: Penelitian pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Miftahul Huda Desa Babakanloa, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan tahfidz al-quran merupakan salah satu program khas dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Miftahul Huda. Bimbingan tahfidz al-quran ini merupakan kegiatan membaca, menulis serta menghafal al-quran. Bimbingan tahfidz ini dilaksanakan setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Capaian program ini diharapkan siswa siswi SDIT Miftahul Huda dapat membaca, menulis serta menghafal al-quran sesuai dengan target yang telah ditentukan. Bimbingan tahfidz al-quran ini dapat memunculkan permasalahan, apakah pelaksanaan bimbingan ini dapat mempengaruhi motivasi menghafal al-quran siswa kelas 4 SDIT Miftahul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan tahfidz al-quran terhadap motivasi menghafal al-quran siswa. Berlandaskan pada indikator variabel bimbingan tahfidz al-quran yaitu unsur-unsur yang terdapat dalam bimbingan, seperti pembimbing, terbimbing, materi, media dan metode, serta indikator pada variabel motivasi menghafal al-quran (a) Perencanaan dalam aktivitas belajar (dalam hal ini menghafal Al-Quran); (b) Tindakan terfokus pada pencapaian tujuan yang diinginkan; (c) Kesadaran untuk belajar (kesadaran untuk menghafal Al-Quran); (d) Pandangan terhadap umpan balik; (e) Keaktifan mencari informasi; (f) Kebanggaan dan kepuasan terhadap prestasi; dan (g) Kecemasan terhadap kegagalan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 55 siswa. Bimbingan tahfidz al-quran memiliki peran salah satunya untuk meningkatkan motivasi menghafal al-quran. Maka dari itu, ketika hasil dari motivasi menghafal al-quran itu tinggi, maka dapat diprediksi bahwa individu tersebut sudah mengikuti dengan baik dan mendapatkan pemahaman tinggi pada bimbingan tahfidz al-quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan teknik analisis data regresi mengacu pada formula rank pearson untuk menguji pengaruh suatu variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian, data menunjukan bahwa bimbingan tahfidz al-quran berpengaruh terhadap motivasi menghafal al-quran dengan nilai signifikasi (r= 0.039, p = 0,000 < 0,05) dan hasil KD = 32,7% yang artinya terdapat pengaruh bimbingan tahfidz al-quran terhadap motivasi menghafal al-quran siswa kelas 4 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Miftahul Huda Pangatikan, Kabupaten Garut sebesar 32,7%. Sedangkan sisa dari presentasenya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Tahfidz Al-Quran; Motivasi Menghafal Al-Quran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Reza Kurniandi
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:44
Last Modified: 27 Jan 2023 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63983

Actions (login required)

View Item View Item