Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi not balok pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya kelas empat: Penelitian Research and Development pada pembelajaran seni musik materi not balok bagian durasi not dan durasi diam di SD/MI

Ramadhan, Hillman Noviyana (2022) Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi not balok pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya kelas empat: Penelitian Research and Development pada pembelajaran seni musik materi not balok bagian durasi not dan durasi diam di SD/MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (2).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang bisa digunakan untuk membantu proses pembelajaran sehingga memungkinkan tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif. Pendidikan bertujuan untuk membantu manusia dalam mematangkan jiwa. Manusia akan terus mencari kematangan jiwa dengan apapun yang mereka mampu lakukan. Dengan musik, manusia mengasah jiwanya. Kemajuan teknologi merambah ke dunia pendidikan dengan mulai dikenalnya konsep penyajian objek tak nyata di dunia nyata dengan bantuan sistem operasi yang bisa dikembangkan. Teknologi yang dimaksud adalah Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality di Sekolah Dasar kelas empat pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya pada pembahasan not balok. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan media pembelajaran melalui ahli media dan ahli materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development yang mana akhir dari penelitian ini menghasilkan suatu produk yang tervalidasi kelayakannya. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) desain media pembelajaran Augmented Reality menggunakan software Adobe Photoshop CC 2021, Adobe XD CC, Blender3d, Unity3d, Cubase 12 Pro, Vuforia SDK, dan Virtual Music Instrument (2) hasil menyatakan bahwa media pembelajaran Augmented Reality mencapai 96.7% (kelompok kecil) dan 91.6% (kelompok besar) yang menandakan media pembelajaran ini sangat baik dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Augmented Reality; Seni Musik
Subjects: Education
Elementary Education > Elementary School
Arts
General Principles of Music and Musical Form
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hillman Noviyana Ramadhan
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:43
Last Modified: 27 Jan 2023 07:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63962

Actions (login required)

View Item View Item