Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI dalam materi prinsip dan praktik ekonomi Islam : Penelitian quasi eksperimen di kelas XI SMAN 5 Garut

Hernawan, Asep (2022) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI dalam materi prinsip dan praktik ekonomi Islam : Penelitian quasi eksperimen di kelas XI SMAN 5 Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan minat belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa yang masih berkatagori rendah. Hal tersebut karena pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih berupa metode ceramah yang berpusat pada pendidik sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Oleh karena itu perlu ada inovasi dalam pembelajaran yang mampu menarik siswa dalam pembelajaran yang akan berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI yaitu dengan menggunakan Cooperative Learning tipe STAD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan STAD dan metode ceramah pada siswa kelas XI SMAN 5 Garut; 2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan STAD dan metode ceramah pada siswa kelas XI SMAN 5 Garut; 3) Respon siswa terhadap penggunaan STAD pada siswa kelas XI SMAN 5 Garut. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritis yang menyatakan bahwa STAD merupakan model pembelajaran yang memacu kerjasama siswa melalui belajar dalam kelompok yang anggotanya beragam baik dalam kemampuan akademik maupun latar belakang agar tercipta saling mendorong dan membantu satu sama lain dalam suasana sosial yang beragam untuk menguasai keterampilan yang sedang dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen non equivalent control grup design yaitu penelitian yang dilakukan dengan melihat perbedaan diantara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas: Tes, observasi, studi dokumentasi, wawancara, angket, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perbedaan minat belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran STAD memperoleh nilai rata-rata 77,84 dengan kategori tinggi dan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah memperoleh nilai sebesar 65,21 dengan kategori cukup; 2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran STAD memperoleh nilai rata-rata 95,00 dengan kategori tinggi dan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah memperoleh nilai sebesar 66,71 dengan kategori cukup atau sedang; 3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran STAD pada pembelajaran PAI dalam materi prinsip dan praktik ekonomi Islam mendapat skor mean 76,93 termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, direkomendasikan bagi pihak sekolah agar menggunakan hasil penelitian ini sebagai rujukan untuk evaluasi terhadap proses pembelajaran PAI dan untuk guru PAI agar selalu memperhatikan kompetensi yang dimiliki, senantiasa meningkatkan kemampuan diri dalam mengajar terutama dalam penggunaan model pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa, di antaranya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD; Minat Belajar Siswa; Berpikir Kritis Siswa; Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam.
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Hernawan
Date Deposited: 25 Jan 2023 05:12
Last Modified: 25 Jan 2023 05:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63954

Actions (login required)

View Item View Item