Model pembelaaran Van Hiele untuk meningkatkan koneksi matematis siswa pada materi geometri:Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa SMPN 3 Cileunyi Kelas IX

Nurhidayatin, Dian (2018) Model pembelaaran Van Hiele untuk meningkatkan koneksi matematis siswa pada materi geometri:Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa SMPN 3 Cileunyi Kelas IX. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_absrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, diperoleh sampel yaitu kelas IX-D dan IX-E. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal koneksi matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Setelah dilaksanakan penelitian, data kemudian dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika kelas model pembelajaran Van Hiele terdapat peningkatan menjadi sangat baik; (b) Tidak terdapat perbedaan peningkatan koneksi matematis kelas model pembelajaran Van Hiele dan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Kemampuan Awal Geometri (KAG) kategori tinggi, sedang, maupun rendah; (c) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa antara model pembelajaran Van Hiele dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, berdasarkan nilai posttest dari kedua kelas yang dianalisis menggunakan uji statistic yaitu normalitas dan homogenitas serta uji t keputusan yang diperoleh adalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Koneksi matematis; model pembelajaran Van Hiele; sikap siswa
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dian Nurhidayatin
Date Deposited: 23 Feb 2018 09:28
Last Modified: 23 Feb 2018 09:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6392

Actions (login required)

View Item View Item