Hubungan manajemen minat dan bakat melalui ekstrakurikuler dengan tingkat prestasi peserta didik : Penelitian di SMA Muhammadiyah Se-Kota Bandung

Zamzami, Muhammad Rafi (2022) Hubungan manajemen minat dan bakat melalui ekstrakurikuler dengan tingkat prestasi peserta didik : Penelitian di SMA Muhammadiyah Se-Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab2.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_bab3.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_bab4.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_bab5.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_daftar pustaka.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Muhammad Rafi Zamzami (1182010050). Hubungan Manajemen Minat dan Bakat Melalui Ekstrakurikuler dengan Tingkat Prestasi Peserta Didik (Penelitian di SMA Muhammadiyah Se-Kota Bandung). Masih yaitu banyaknya ekstrakurikuler yang ada, namun waktu jam pelajaran kurikuler yang panjang sering kali menjadi kesulitan tersendiri dalam mengatur waktu dan jadwal kegiatan ekstrakurikuler. Siswa juga sering kali tidak maksimal mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut karna merasa lelah setelah jam pelajaran yang panjang. Bukan hanya peserta didik, pembina kegiatan ekstrakurikuler juga mengalami kesulitan yaitu kurang maksimal dalam memberikan materi-materi kegiatan karna jam ekstrakurikuler yang lumayan singkat. Dan yang penting dari kendala tersebut adalah penyediaan fasilitas, kegiatan lomba dan lainya tentunya membutuhkan banyak biaya. Namun di balik masalah dan kendala yang ada, ternyata banyak potensi, bakat, dan kemampuan siswa yang tidak tersalurkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana Manajemen Minat dan Bakat Melalui Ekstrakurikuler di SMA Muhammadiyah Se￾Kota Bandung; (2) Untuk Mengetahui Tingkat Prestasi Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Se-Kota Bandung; (3) Untuk Mengetahui bagaimana Hubungan Manajemen Minat dan Bakat Melalui Ekstrakurikuler dengan Tingkat Prestasi Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Se-Kota Bandung di Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui haisl penyebaran kuesioner dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari lima alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 40 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis indikator, uji hipotesis (uji korelasi rank spearman), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Maanajemen Minat dan Bakat Melalui Ekstrakurikuler di SMA Muhammadiyah Se-Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori rendah yaitu sebesar 1,85 dari hasil pengolahan data 40 responden; (2) Tingkat Prestasi Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Se-Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori rendah yaitu sebesar 1,77 dari hasil pengolahan data 40 responden; (3) Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi rank spearman bahwa signifikansi Maanajemen Minat dan Bakat Melalui Ekstrakurikuler dengan Tingkat Prestasi Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Se-Kota Bandung diperoleh 0,006. Dan hasil perhitungan korelasi antara X dan Y, diperoleh angka positif sebesar 0,429. Kemudian berdasarkan nilai r hitung yaitu 0,429 yang diperoleh maka kriteria kekuatan hubungan antara variabel X dan Y berada pada interval 0,26 - 0,50 yang berarti mempunyai hubungan yang cukup. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh (R square) sebesar 0,173 yang berarti bahwa kontribusi variabel manajemen minat dan bakat dengan tingkat prestasi peserta didik sebesar 17,3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajamen;Minat;Bakat;Prestasi
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Intelligence and Aptitudes
Education
General Management
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Rafi Zamzami
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:12
Last Modified: 27 Jan 2023 06:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63906

Actions (login required)

View Item View Item