Intelrnalisasi nilai nilai akhlakul karimah santri remaja pada pembelajaran ilmu fiqih : Studi deskriptif pada Yayasan Bening Nurani

Kasim, Sumanri Mukhlis (2022) Intelrnalisasi nilai nilai akhlakul karimah santri remaja pada pembelajaran ilmu fiqih : Studi deskriptif pada Yayasan Bening Nurani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (CAVER)
1_caver.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1V)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Di era globalisasi ini permasalahaan dalam sebuah masyarakat sangat kompleks sekali. Mulai dari permasalahan ekonomi, politik, sosial, pendidikan ataupun masalah-masalah yang lainnya. Bahkan yang lebih mengkhawatirkannya lagi adalah permasalahan adab maupun moral yang terjadi belakangan ini. Permasalahan adab maupun moral yang terjadi dimasyarakat ini berefek kepada berbagai kalangan terkhususnya kepada remaja yang membawa ia kepada gemerlapnya dunia. Berdasarkan dari uraian pemaparan masalah diatas dan dengan berkembangnya permasalahan-permasalahan moral yang menjangkit para santri remaja. Sehingga perlu adanya internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Internalisasi Nilai-Nilai Akhlukal Karimah Santri Remaja Pada Pembelajaran Ilmu Fiqih usia remaja di Yayasan bening Nurani (YABNI). Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan peneitian ini, Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data yang diperoleh, penulis melakukan menyajikan data, dan juga verivikasi data. Menurut Sait Hawa adab yang baik merupakan kesempurnaan batin, pengekangan hawa nafsu, dan kemampuan mengendalikan lompat-lompatannya. Adab yang baik adalah satu-satunya bukti atau pertanda dari kebaikan, sebagaimana adab yang jelek merupakan pertanda bahwa batin itu masih berlumur kotoran orang, banyak tingkah, dan tidak mampu menggiring dirinya pada alur yang benar. Peneliti menemukan bahwasannya para pengurus dan juga para pengajar yayasan bening nurani selalu mengupayakan bentuk pengajaran yang optimal kepada para santri sehingga tercapainya program yang telah direncanakan dan juga besar harapannya para santri dapat melakukan atau mengaplikasikan apa yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang paling penting dari pembahasan di atas adalah bahwa para santri selalu diajarkan bagaimana proses penghayatan antara nilai ibadah yang kemudian dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Akhlakuk Karimah; Ilmu Fiqih
Subjects: Ethics of Social Relations
Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT)
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Nabi dan Rasul
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: sumanri mukhlis kasim
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:38
Last Modified: 20 Jan 2023 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63869

Actions (login required)

View Item View Item