Penulisan berita artis di Rubrik Entertainment: Analisis wacana model Teun A. van Dijk pada Tasikmalaya.Pikiran-Rakyat.com edisi Juli 2022

Firdaus, Hamzah (2022) Penulisan berita artis di Rubrik Entertainment: Analisis wacana model Teun A. van Dijk pada Tasikmalaya.Pikiran-Rakyat.com edisi Juli 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Kabar tentang artis disajikan dalam berita yang ringan oleh media massa menarik perhatian khusus bagi masyarakat. Peranan penting suatu media massa terkait erat dengan cara membangun sebuah wacana para artis telah menjangkau lokal, regional, hingga nasional melalui jaringan internet. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meninjau tiga elemen kerja analisis wacana model Teun A. van Dijk, terhadap struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro dalam teks berita artis di rubrik entertainment pada Tasikmalaya.Pikiran-Rakyat.com Edisi Juli 2022. Metode dalam sebuah penelitian ini berdasarkan analisis wacana yang diterapkan dalam model Teun A. van Dijk. Model ini mengacu terhadap individu yang menunjukkan pemaknaan terhadap sebuah teks berita, terkhusus wacana teks berita. Acuan dasar dalam penelitian ini berdasarkan paradigma konstruktivisme sosial yang dikembangkan berdasarkan makna-makna subjektif atas pengalaman dan diarahkan pada objek tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berita artis di rubrik entertainment pada Tasikmalaya.Pikiran-Rakyat.com Edisi Juli 2022 mengandung tiga elemen van Dijk. Hal tersebut dituangkan dalam penyajian berita artis yang dikonsumsi oleh masyarakat. Melalui wacana yang tertuang dalam berita artis, melahirkan sebuah daya tarik dan alternatif berita yang mampu menarik perhatian masyarakat. Portal berita Tasikmalaya.Pikiran-Rakyat.com adalah salah satu media online yang menyajikan berita artis dalam rubrik khusus bertajuk entertainment. Oleh karena itu, disarankan substansi berita artis ini mengedepankan orientasi produk jurnalistik yang bergerak sampai orientasi pasar, dengan menyajikan berita artis dari sisi gaya hidup, kemewahan, dan pengalaman hidup para artis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita artis; Rubrik entertainment; Analisis wacana
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communities > Structure Communities
Design of Structures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hamzah Firdaus
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:08
Last Modified: 20 Jan 2023 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63859

Actions (login required)

View Item View Item