Penerapan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) berbantu Zenius untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis : Penelitian pre-eksperimental dilakukan di kelas X MAN 2 Bandung

Rahmah, Sayla Rizqiana (2022) Penerapan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) berbantu Zenius untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis : Penelitian pre-eksperimental dilakukan di kelas X MAN 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MAN 2 Bandung, nilai rata-rata tes penalaran matematis masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan penalaran matematis adalah dengan menerapkan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) pada materi persamaan linear satu variabel dan peningkatan penalaran matematis siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 MAN 2 Bandung, dengan jumlah sampel sebanyak 29 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan penerapan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) berbantu zenius mengalami peningkatan pada tiap pertemuan. Rata-rata aktivitas guru sebesar 89,77% dengan kategori sangat baik, dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 84,39% dengan kategori sangat baik. (2) Penalaran matematis siswa pada pertemuan kesatu, kedua dan ketiga mengalami peningkatan. Namun, masih ada beberapa siswa yang belum mencapai target ketuntasan panalaran matematis setiap pertemuannya. (3) Peningkatan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan tinggi dilihat dari hasil uji hipotesis dan data normal gain. (4) Terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah keterlaksanaan pembelajaran matematika strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) berbantu zenius dimana kesesuaian kemampuan siswa pada indikator yang belum tercapai pada awal studi pendahuluan, telah tergapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Student Team Heroic Leadership (STHL); zenius; penalaran matematis; persamaan linear satu variabel.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sayla Rizqiana Rahmah
Date Deposited: 20 Jan 2023 00:29
Last Modified: 20 Jan 2023 00:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63840

Actions (login required)

View Item View Item