Peranan Dinas Pertanian dalam memberdayakan kelompok tani : Studi deskriptif di Dinas Pertanian Jampangkulon Kabupaten Sukabumi

Benoto, Krisna (2022) Peranan Dinas Pertanian dalam memberdayakan kelompok tani : Studi deskriptif di Dinas Pertanian Jampangkulon Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy

Abstract

Peranan sektor pertanian dalam menunjang ekonomi nasional sangat penting dan sentral. Rendahnya kualitas hasil dan harga jual menyebabkan adanya ketidakseimbangan atara modal dan keuntungan yang didapat. Dalam hal ini masyarakat Jampang Kulon yang mempunyai lahan luas tetapi kurang dalam pengelolaan diperlukan adanya kontribusi dari pemerintah seperti Dinas pertanian. Dinas pertanian ini menjadi lembaga perantara antara pemerintah dengan masyarakat dalam sektor pertanian dengan membentuk Kelompok tani Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Norma apa yang terdapat pada Dinas Pertanian Jampang kulon dalam memberdayakan Kelompok Tani, (2) Bagaimana konsep Dinas Pertanian dalam memberdayakan Kelompok Tani, (3) Bagaimana Hasil Dinas Pertanian Jampangkulon dalam memberdayakan Kelompok Tani. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang peranan Dinas Pertanian dalam memberdayakan Kelompok Tani Desa Jampang Kulon. Dengan teknik Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peranan dinas pertanian dalam memberdayakan kelompok tani dengan adanya program-program dan pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh Dinas pertanian terhadap kelompok tani jampang kulon, monitoring dan evaluasi. Proses yang dilakukan dinas pertanian untuk melakukan pemberdayaan pada anggota kelompok tani dan masyarakat umum guna meningkatkan perekoniman dan mencapai kesejahteran masyarakat. Program-program yang dilakukan oleh kelompok tani menjadikan sektor pertanian lebih efektif dan bisa meningkatkan ekonomi masrakat. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Program-program yang sudah ada yang dilakukan kelompok tani kecamatan jampang kulon Kabupaten Sukabumi sudah cukup bagus sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pertanian dan juga dapat memberdayakan Kelompok tani sehingga sektor pertanian semakin baik dan kualitias hasilnya juga terjamin maka program-program tersebut selayaknya harus tetap dijalankan dan ditingkatkan untuk tetap lebih baik. Kata Kunci: Peranan, pemberdayaan, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peranan; pemberdayaan; Kesejahteraan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Krisna Benoto
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:34
Last Modified: 19 Jan 2023 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63705

Actions (login required)

View Item View Item