Pengaruh penggunaan metode bercakap-cakap melalui media buku bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini : Kuasi eksperimen pada anak kelompok B RA Al-Muhajir Bandung

Kania, Dewi (2022) Pengaruh penggunaan metode bercakap-cakap melalui media buku bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini : Kuasi eksperimen pada anak kelompok B RA Al-Muhajir Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus belum berkembangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini yang salah satunya terjadi pada kelompok B RA Al-Muhajir Bandung. Upaya guru dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris dilakukan dengan metode bernyanyi, 66% anak berada pada kategori belum berkembang sehingga masih merasa kesulitan karena harus mengikuti nada dari nyanyian tersebut dan masih bergantung kepada gurunya ketika bernyanyi. Hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 49,99 yang diinterpretasikan pada kategori belum berkembang. Hal ini disebabkan karena kurangnya penerapan metode dan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di dalam kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini yang menggunakan metode bercakap-cakap melalui media buku bergambar (di Kelompok Eksperimen), 2) penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini yang menggunakan metode bernyanyi melalui media buku bergambar (di Kelompok Kontrol), 3) perbedaan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini antara metode bercakap-cakap melalui media buku bergambar dengan metode bernyanyi melalui media buku bergambar. Penelitian ini berdasar pada teori bahwa siswa yang mendapatkan metode bercakap-cakap melalui media buku bergambar memiliki pengaruh yang tinggi terhadap penguasaan kosakara bahasa Inggris pada anak usia dini sedangkan dengan metode bernyanyi melalui media buku bergambar saja memiliki pengaruh yang lebih rendah daripada metode bercakap-cakap. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dengan pola pretest dan posttest serta dilakukan treatment pada kelas B (sentra persiapan) sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas B (sentra seni) sebagai kelompok kelas kontrol yang dijadikan pembanding. Pengumpulan data dilakukan analisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil pengukuran sebelum dan sesudah diberikan treatment diperoleh adanya perbedaan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada metode bercakap-cakap melalui melalui media buku bergambar dan metode bernyanyi. Nilai rata-rata kelompok eksperimen 86.16 yang diinterpretasikan pada kategori berkembang sesuai harapan, dan kelompok kontrol sebesar 70.41 yang diinterpretasikan pada kategori berkembang sesuai harapan. Perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelompok kontrol, sehingga dapat diketahui terdapat perbedaan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini antara metode bercakap-cakap melalui media buku bergambar dengan metode bernyanyi melalui media buku bergambar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas dari metode bercakap-cakap melalui media buku bergambar yang berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa; Metode Bercakap-cakap; Metode Bernyanyi; Media Buku Bergambar
Subjects: Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dewi Kania
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:59
Last Modified: 20 Jan 2023 08:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63674

Actions (login required)

View Item View Item