Penguatan literasi beragama pada mahasiswa berbasis pendekatan Student-Centered Learning dalam pembelajaran PAI : Penelitian di Universitas Singaperbangsa Karawang

Hermawan, Iwan (2022) Penguatan literasi beragama pada mahasiswa berbasis pendekatan Student-Centered Learning dalam pembelajaran PAI : Penelitian di Universitas Singaperbangsa Karawang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penguatan literasi beragama pada mahasiswa berbasis pendekatan student-centered learning dalam pembelajaran PAI yang saat ini masih meletakan pendidikan agama sebagai ilmu pengetahuan, belum mengarah pada outcome berupa sikap dan pengamalan. Selain itu, metode yang digunakan belum dialogis sehingga tidak memberikan ruang bagi mahasiswa untuk memiliki literasi beragama yang lebih luas karena materi pembelajaran yang disajikan berupa pengulangan bukan pengembangan yang mengarah pada pengetahuan metakognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan, proses, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak dari penguatan literasi beragama pada mahasiswa dalam pembelajaran PAI di Universitas Singaperbangsa Karawang. Dengan pendekatan kualitatif melalui triangulasi teknik dan sumber, peneliti dapat memahami lebih dalam pada fenomena persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian lapangan yang menggambarkan keadaan gejala-gejala serta fenomena alamiah maupun rekayasa sehingga dapat menjawab persoalan atau peristiwa secara realtime. Hasil penelitian ini adalah: 1) Bertujuan untuk memfasilitasi kedewasaan berpikir mahasiswa dengan cara belajar aktif, kreatif, mandiri, dan kritis baik secara kognitif, afektif, dan psikomotor yang relevan dengan kebutuhan belajar saat ini untuk mendapatkan literasi beragama yang benar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak karimah. 2) Proses pelaksanaannya adalah dengan menggunakan strategi adult learning dan partisipative learning yang didukung oleh metode pembelajaran small group discussion, problem-based learning, dan project-based learning agar membuat mahasiswa menjadi literat dalam beragama. 3) Evaluasi berbasis HOTS (High Other Thinking Skill) dan menjadi bagian yang konstruktif dalam proses pembelajaran dengan mengacu pada kurikulum KKNI dan konsep merdeka belajar – kampus merdeka (MBKM) berbasis Outcome Based Education (OBE) atau dampak hasil pembelajaran berupa kemampuan literasi beragama dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. 4) Faktor pendukung pembelajaran di Unsika sudah ada dan lengkap, baik yang berupa sarana maupun prasarana, Namun saat ini, sarana dan prasarana tersebut belum maksimal dapat dimanfaatkan atau dipergunakan akibat rusak karena lama tidak dipergunakan selama pandemi Covid 19 yang lalu sehingga menjadi faktor penghambat pada proses pembelajaran bagi mahasiswa. 5) Dampak dari penguatan literasi beragama berbasis pendekatan SCL dalam pembelajaran PAI adalah mahasiswa mempunyai kedewasaan berpikir dari cara belajar aktif, kreatif, mandiri, dan kritis baik secara kognitif (aqliyah), afektif (khuluqiyah), dan psikomotor (jismiyah), dan mereka mampu berinovasi analitis ilmiah sehingga menjadi sintesis bahkan menjadi antitesis yang menjadi temuan/dalil baru yang relevan dengan kebutuhan belajar saat ini. Dengan literasi beragama yang benar dapat membentuk dirinya menjadi karakter yang sesuai dengan ajaran agama adaptif terhadap perubahan dan IPTEKS, sehingga pemikiran mereka terhadap agama dan keberagamaan menjadi moderat dan toleran.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Penguatan; Literasi Beragama; Student-Centered Learning; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Adult Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Iwan Hermawan
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:21
Last Modified: 16 Jan 2023 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63591

Actions (login required)

View Item View Item