Syukur dan empati terhadap fenomena perilaku prososial pada mahasiswa organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung

Nurfadilah, Utami (2022) Syukur dan empati terhadap fenomena perilaku prososial pada mahasiswa organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prososial ialah hal yang urgensi dalam berinteraksi sosial. Selain untuk meningkatkan penerimaan akan dukungan, juga untuk menjaga hubungan yang positif dengan orang lain. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ialah sebuah organisasi ekstra kampus dimana didalam kegiatan sehari-hari nya perlu untuk berperilaku prososial . Diibutuhkan perilaku prososial yang tinggi dalam melakukannya. Syukur dan Empati cukup banyak mempengaruhi perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat perilaku prososial, Tingkat syukur, dan tingkat empati, (2) mengetahui hubungan syukur dengan perilaku prososial, (3) mengetahui hubungan empati dengan perilaku Prososial, dan (4) mengetahui hubungan antara syukur dan empati dengan Perilaku prososial. Subjek penelitian berjumlah 14 pengurus komisariat PMII Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling jenuh karena keseluruhan populasi berjumlah kurang dari 30 responden. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku prososial hasil adaptasi dari Intan (2014) dan Caprqra (2005), skala syukur hasil adaptasi dari McCullough,dkk (2002) dan Listyandini (2015), dan skala empati hasil adaptasi dari Caruso&Mayer (1998) dan Windy (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perilaku prososial mahasiswa PMII mayoritas berada pada kategori sedang (57%), tingkat syukur mayoritas berada pada kategori tinggi (64%), dan tingkat empati mayoritas berada pada kategori tinggi (57%). Hasil analisis hubungan syukur dengan perilaku prososial menunjukkan r hitung sebesar 0.695, p=0.006 (p<0.05), sedangkan hasil analisis hubungan empati dengan perilaku prososial menunjukkan r hitung sebesar 0.823, P=0.000 (p<0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini(Ha) diterima dan terdapat hubungan antara syukur dan empati dengan perilaku prososial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Syukur; Empati; Perilaku Prososial; PMII
Subjects: Psychology > Psychologist
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Utami Nurfadilah Abas
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:01
Last Modified: 13 Jan 2023 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63579

Actions (login required)

View Item View Item