Persepsi siswa dan tantangan yang dialami dalam pembelajaran bahasa arab kelas IV di MI Nurul Huda Kota Bandung

Juliani, Regita mega (2022) Persepsi siswa dan tantangan yang dialami dalam pembelajaran bahasa arab kelas IV di MI Nurul Huda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang persepsi siswa dan tantangan yang dialami dalam pembelajaran bahasa arab. Adapun latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai materi serta menghafal kosakata terhadap pembelajaran bahasa arab di kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung.             Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab di MI Nurul Huda Kota Bandung dan mengetahui tantangan apa saja yang dialami oleh siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab di MI Kota Bandung             Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Nurul Huda Kota Bandung. Sumber data yang digunakan ialah 1 orang Guru dan 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.             Hasil penelitian ini menunjukan bahawa persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa arab diantaranya ada yang menyukai terhadap pembelajaran bahasa arab dan ada juga yang tidak menyukai. Yang tidak menyukai pembelajaran bahasa arab adalah pembelajaran bahasa arab itu sulit dalam membaca, menulis maupun materinya, tidak menyenangkan, sulit dipahami, hafalan yang banyak, tidak menarik, serta guru menjelaskan materi terlalu cepat. Sedangkan menurut persepsi siswa yang menyukai terhadap pembelajaran bahasa arab adalah mudah dipahami, pertanyaannya tidak sulit, pembelajaran bahasa arab itu tergantung materinya jika materinya mudah menjadi suka dan jika materinya sulit menjadi tidak suka, pembelajaran bahasa arab seru ketika menerjemahkan, seru ketika membahas materi karena dikaitkan dengan lingkungan sekitar yang sering ditemukan dikehidupan sehari-hari. Tantangan yang dialami siswa terhadap pembelajaran bahasa arab adalah ketika membaca tulisan bahasa arab, menulis bahasa arab, menerjemahkan, hafalan mufradat (kosa kata) yang banyak, pengucapannya susah, kesulitan memahami materi, kurang waktu belajar, dan yang menjadi tantangan ketika tes hafalan mufradat (kosa kata) di depan kelas serta pertanyaan-pertanyaannya yang sulit dipahami ketika latihan soal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa;Tantangan; Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Arabic
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: REGITA MEGA JULIANI
Date Deposited: 12 Jan 2023 23:32
Last Modified: 12 Jan 2023 23:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63561

Actions (login required)

View Item View Item