Efektivitas pendistribusian Bantuan Sosial Pangan Nontunai (BPNT) di Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka tahun 2021

Cantika, Dinda Ayu (2022) Efektivitas pendistribusian Bantuan Sosial Pangan Nontunai (BPNT) di Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka tahun 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Indonesia memiliki beragam jenis bantuan sosial, salah satunya yaitu Bantuan Sosial Pangan Nontunai (BPNT). Pembagian bantuan dengan bentuk bahan pangan pokok diharapkan dapat memenuhi kecukupan gizi dan membantu mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan memenuhi sebagian kebutuhan pangan setiap bulannya. Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 Tahun 2021, masyarakat berhak mendapatkan bantuan berup a bahan pangan pokok dengan kualitas baik yang berasal dari bantuan tersebut. Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam hal ini sudah berusaha menyelenggarakan program BPNT secara maksimal dan sesuai pedoman juga ketentuan yang ada pada dasar hukum penyaluran BPNT, tetapi dalam penyelenggaraan program BPNT di Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka, masih terdapat beberapa kendala terkait dengan pendistribusiannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian waktu pendistribusian BPNT dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya di Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka, mengetahui kesesuaian jumlah dana bantuan yang diterima KPM di Kecamatan Majalengka dengan jumlah dana yang telah dibagikan, mengetahui apa saja langkah-langkah strategis yang diambil oleh pihak-pihak terkait dalam mencapai tujuan program BPNT di Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka, dan untuk mengetahui ketepatan sasaran data KPM dalam penyaluran BPNT di Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Peneliti menggunakan teori efektivitas program yang dikemukakan oleh Makmur (2015:6). Dalam teori ini, Makmur mengatakan bahwa efektivitas atau kefektivitasan dari suatu program sendiri dapat dilihat melalui empat kriteria atau indikator yang dapat dikaji dari ketepatan penentuan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan penentuan tujuan, dan ketepatan sasaran dari program tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu yang pertama, dalam pendistribusian BPNT di Kecamatan Majalengka dikatakan masih belum sempurna karena masih terjadinya keterlambatan dalam penentuan waktu penyelenggaraan BPNT. Kedua, masih terdapat beberapa KPM yang mendapati rekeningnya masih kosong pada saat pembagian BPNT dikarenakan belum meratanya dana yang turun. Ketiga, belum strategisnya langkah- langkah yang diambil oleh pihak terkait yang bertanggungjawab atas pendistribusian BPNT di Kecamatan Majalengka. Dan keempat, belum cukup tepatnya sasaran dalam pendistribusian BPNT di Kecamatan Majalengka yang diakibatkan karena masih adanya ketidaksesuaian antara data KPM yang berada di pusat dengan data yang ada di lapangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pendistribusian; BPNT
Subjects: Political dan Government Science
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dinda Ayu Cantika
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:57
Last Modified: 12 Jan 2023 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63533

Actions (login required)

View Item View Item