Implementasi peraturan daerah Kabupaten Tasikmalaya nomor 6 tahun 2014 tentang penataan dan pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Pasar Modern di Ciawi

Nurasiah, Diani (2022) Implementasi peraturan daerah Kabupaten Tasikmalaya nomor 6 tahun 2014 tentang penataan dan pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Pasar Modern di Ciawi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Pasar tradisional merupakan tempat yang digunakan para pedagang untuk berjualan hasil pertanian dan perindustian. Namun, Keberadaan pasar tradisional tergeser dengan pesatnya pertumbuhan pasar modern di Indonesia yang meningkat sebanyak 31,4%. Upaya yang dilakuakn pemerintah dengan menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Tasikmalaya nomor 6 tahun 2014 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan pasar modern. Didalamnya dimuat peraturan zonasi terkait pendirian toko modern yang harus memperhatikan keberadaan pasar tradisional, yaitu radius jarak bangunan terluar toko modern dari pasar tradisional sejauh 2500m. Di kecamatan Ciawi sendiri terdapat beberapa toko modern yang melanggar peraturan, yaitu jarak antara toko modern dan pasar tradisional kurang dari 2500m. Akibatnya persaingan usaha antara toko modern dan pasar tradisional semakin tinggi, di pasar tradisional ciawi sendiri para pedagang mengalami kerugian mencapai 30%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui idealized policy dari pelaksanaan penataan dan pembinaan pasar tradisional dan toko modern, untuk mengetahui siapa target group kebijakan, untuk mengetahui implementating organization yang terlibat dalam pelaksanaannya dan enviromental factors yang mempengaruhi pelaksanaan penataan dan pembinaan pasar tradisional dan toko modern. Teori yang digunakan adalah teori dari Adam Smith bahwa ada empat kelompok variabel yang mempengaruhi sebuah implementasi kebijakan yaitu idealized policy, target group, implementating organization dan enviromental factors. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan tidak menekankan generaliasi, melainkan kedalaman informasi. Dimana implementasi tentang Peraturan Daerah Kabupaten Tasikmalaya nomor 6 tahun 2014 tentang Penmbinaan dan Penataan Pasar Tradisional, Pusat Pebelanjaan dan Pasar Modern. Data dijelaskan dan dianalisis menggunakan metode SWOT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tasikmalaya nomor 6 tahun 2014 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional dan toko modern di Ciawi belum optimal. Hal ini ditunjukan dengan idealized policy belum mencapai hasil yang optimal, kemitraan antara toko modern dan pasar tradisional belum terlaksana. Target group belum optimal dalam pelaksanaanya, terdapat permasalahan dalam perizinan. Implementating organization belum maksimal dalam pelaksaannya, sebagian dari pelaku usaha tidak patuh pada peraturan. Enviromental factors yang menghasilkan dampak ekonomi yang merugikan pedagang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Pasar Tradisional; Toko Modern
Subjects: Administration of The Physical Plant
Macroeconomics and Related Topics > Macroeconomics Policy
Commerce, Trade > Retail Trade
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Diani Nurasiah
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:02
Last Modified: 12 Jan 2023 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63503

Actions (login required)

View Item View Item