Dakhil Naqli dalam Kisah Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dalam tafsir Jami’ al-Bayan fi ta’wil AlQur’an : Studi penafsiran Qs. Al-Isra’: 1 dan Qs. An-Najm: 12-16

Sidik, Muhammad Taqiyuddin (2022) Dakhil Naqli dalam Kisah Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dalam tafsir Jami’ al-Bayan fi ta’wil AlQur’an : Studi penafsiran Qs. Al-Isra’: 1 dan Qs. An-Najm: 12-16. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai produk, tafsir al-Qur’an memiliki hasil yang berbeda hal tersebut di pengaruhi latar belakang seorang mufassir yang berbeda-beda, kondisi, serta kemampuan seorang mufassir dan juga al-Qur’an itu sendiri yang bersifat universal. Dari hal itu juga menimbulkan penafsiran yang cacat atau dengan istilah dakhi>l, dan penafsiran baik di kenal pula dengan istilah ashil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk dan menganalisa dakhi>l naqli yang terdapat pada penafsiran yang berkaaitan dengan kisah Isra’ dan Mi’raj pada tafsir Jami’ al-Bayan fi ta’wil al-Qur’an karya Ibn Jarir at-Tabari. Kitab tafsir ini merupakan kitab klasik yang dalam penafsirannya banyak menggunakan riwayat-riwayatsebagai sumber penafsirannya. Oleh karna itu tidak menutup kemungkina dalam penafsiran tersebut terdapat penafsiran-penafsiran yang cacat (dakhi>l). dengan bersumber primer kitab tafsir Jami’ al-Bayan Ta’wil al-Qur’an dan sumber sekunder berupa kitab-kitab, jurnal, dan penelitian lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Penulis dalam menganalisa penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang berhubungan dengan pengertian, konsep, nilai, serta ciri-ciri yang terdapat pada objek penelitian. Maka jenis penelitian ini yaitu kepustakaan (library research). penelitian yang memakai sumber data-data yang tertulis dan bahan kepustakaan yang berhubungan dengan objek penelitian. Dalam penelitian ini terkait kisah Isra’ dan Mi’raj dalam tafsir Jami’ al-Bayan karya Ibnu Jarir at-Tabari, penulis menemukan tiga bentuk dakhi>l naqli, pada surah al-Isra ayat 1 yaitu: pertama, dakhi>l naqli bentuk kesatu, menafsirkan Alquran menggunakan hadist tidak layak dijadikan hujjah yang terdapat pada hadist yang diriwayatkan oleh Ali bin Sahl dan Ibn Waki’, kedua, Bentuk al-dakhi>l al-naqli kedua, yaitu menafsirkan Alquran menggunakan pendapat sahabat yang tidak valid yang terdapat pada hadist yang diriwayatkan oleh Ibn Humaid, ketiga, bentuk al-dakhi>l al-naqli kelima, yaitu menafsirkan Alquran menggunakan pendapat tabi’in yang tidak valid yang terdapat pada hadist yang di riwayatkan oleh Qasim. Dan pada surah an-Najm ayat 12-16 terdapat dakhi>l naqli bentuk pertama yaitu menafsirkan al-Qur’an dengan riwayat yang tidak dapat di jadikan hujjah, yang di riwayatkan oleh Ibn Waki’.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakhil Naqli ; Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW ; tafsir Jami’ al-Bayan fi ta’wil
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: muhammad taqiyuddin shiddiq
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:44
Last Modified: 11 Jan 2023 01:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63468

Actions (login required)

View Item View Item