Penerapan Five Basic Principles of Citizen Journalism pada media dalam jaringan : Studi deskriptif kualitatif pada rubrik Ayo Netizen di media Ayo Bandung.com

Manap, Abdul (2022) Penerapan Five Basic Principles of Citizen Journalism pada media dalam jaringan : Studi deskriptif kualitatif pada rubrik Ayo Netizen di media Ayo Bandung.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Citizen journalism merupakan istilah yang mengacu pada peran aktif warga dalam melaporkan, menyebarkan berita ke khalayak umum, saat ini tidak hanya jurnalis saja yang dapat melaporkan, mengolah, dan menyebarluaskan informasi menjadi berita, melainkan warga atau masyarakat pun bisa ikut terlibat melaporkan peristiwa melalui akun media sosialnya. Ayobandung.com dengan rubrik Ayo Netizen membuka wadah khusus bagi warga dalam berkarya menciptakan produk jurnalistik, dengan tagar “semua tulisan dari netizen”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan lima prinsip dasar (Five Basic Principles of Citizen Journalism) di Ayobandung.com, sebagai pertanggungjawaban tulisan netizen dengan menggunakan teori normatif sistem media massa tanggung jawab sosial. Menurut Dennis McQuail (1987) teori tersebut mempunyai prinsip media harus menerima dan memenuhi kewajiban terntentu kepada masyarakat, kewajiban tersebut menyangkut keinformasian dengan standar kebenaran, akurasi, objektivitas dan keseimbangan (Syam, 2006: 72). Studi penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan pendekatan kualitatif, dan metode deskriptif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan atau dari bentuk tindakan kebijakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ayobandung.com menerapkan lima prinsip dasar (Five Basic Principles of Citizen Journalism) yang dikemukakan oleh Dan Gilmor dan JD Lasica yaitu Accuracy, Thoroughness, Transparency, Fairness, dan Independence sebagai pertanggungjawabannya terhadap tulisan netizen, sehingga layak dan aman untuk konsumsi publik. Pada penerapannya Ayo Bandung membuat ketentuan khusus yang dapat dijadikan pedoman oleh netizen, dan melakukan seleksi terhadap tulisan-tulisan yang masuk. Hasil seleksi tulisan-tulisan yang masuk di Ayo Bandung dari keseluruhan aspek prinsip dasar jurnalisme warga ditemukan bahwa, secara umum rata-rata netizen mengirimkan tulisan tidak plagiat, akurat, cermat, jelas, tidak hoaks, berimbang dan mudah dipahami, meskipun terdapat beberapa tulisan netizen yang berantakan, datanya tidak lengkap, tidak sesuai fakta dan data, bahkan beberapa tulisan menyinggung SARA. Namun hal tersebut termaklumi karena netizen hanyalah warga biasa bukan jurnalis yang paham tentang dunia jurnalisme.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism; Five Basic Principles of Citizen Journalism; Media dalam Jaringan
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Abdul Manap
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:09
Last Modified: 11 Jan 2023 01:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63457

Actions (login required)

View Item View Item