Penerapan metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Juara Bandung

Santoso, Hevana Muzayana (2022) Penerapan metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Juara Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh siswa. Namun secara empiris kemampuan komunikasi matematika siswa masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis : (a) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis; (d) tanggapan guru terhadap penerapan metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math. Penelitian ini dilakukan di SMP Juara Bandung pada kelas VII-AK dan VII-AG dengan metode kuasi eksperimen, instrumen yang digunakan ialah tes kemampuan komunikasi matematika dan wawancara. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional; (b) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa dengan metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional ditinjau berdasarkan tingkat PAM siswa; (c) Kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan memberikan latihan-latihan soal non rutin; (d). Terdapat tanggapan positif dari guru mengenai pembelajaan metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math. Sehingga, metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Fun Teaching; Graspable Math; Kemampuan Komunikasi Matematis;
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Hevana Muzayana Santoso
Date Deposited: 10 Jan 2023 00:52
Last Modified: 10 Jan 2023 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63391

Actions (login required)

View Item View Item