Meningkatkan kemampuan berbicara anak usia empat sampai lima tahun melalui media Pop-Up Book : Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Widuri Asy-Syifa Cinanjung Tanjungsari Sumedang

Lestari, Anggraeni Rizki (2022) Meningkatkan kemampuan berbicara anak usia empat sampai lima tahun melalui media Pop-Up Book : Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Widuri Asy-Syifa Cinanjung Tanjungsari Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar temuan permasalahan mengenai kemampuan berbicara anak yang masih rendah. Beberapa anak mengalami kesulitan berbicara karena pengucapan huruf dan kata tidak jelas. Penyebab lain karena kurangnya media sehingga anak kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan pada pemberian tugas seperti majalah dan lembar kerja anak. Oleh karena itu, melalui penggunaan media pop-up book diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A RA Widuri Asy-Syifa Cinanjung Tanjungsari Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan berbicara anak sebelum menggunakan media pop-up book; 2) proses penerapan media pop-up book untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak pada setiap siklus; 3) kemampuan berbicara anak setelah diterapkan media pop-up book pada setiap siklus di kelompok A RA Widuri Asy-Syifa Cinanjung Tanjungsari Sumedang. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Media pop-up book merupakan salah satu media alternatif pembelajaran anak yang dapat menarik perhatian anak. Media pop-up book memiliki beberapa keunggulan yaitu: 1) ilustrasi buku bergambar lebih menarik dan jelas; 2) dapat memahami isi cerita dari media pop-up book tersebut; dan 3) membantu anak memahami terhadap pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan campuran (mixed methods) yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan kolaboratif dan partisipatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas A sebanyak delapan orang. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan deskriptif untuk data kualitatif dan statistika untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak sebelum menggunakan media pop-up book diperoleh nilai rata-rata sebesar 56 dengan kriteria kurang. Proses penerapan media pop-up book menunjukkan adanya peningkatan, baik aktivitas guru maupun aktivitas anak pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 75% dengan kriteria cukup dan pada siklus II sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 68% dengan kriteria cukup dan pada siklus II sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula halnya, kemampuan berbicara anak setelah diterapkan media pop-up book mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 67 dengan kriteria cukup dan pada siklus II sebesar 85 dengan kriteria sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pop-up book terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A RA Widuri Asy-Syifa Cinanjung Tanjungsari Sumedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara; usia 4-5 tahun; pop-up book
Subjects: Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Human Physiology > Child Development
Vocal Music > Children's Voices
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Anggraeni Rizki Lestari
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:40
Last Modified: 10 Jan 2023 01:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63382

Actions (login required)

View Item View Item