Analisis kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas v madrasah ibtidaiyah

Alesa, Selli Munthaza (2022) Analisis kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas v madrasah ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarIsi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah penulisan siswa seperti penggunaan ejaan yang benar, bahwa penulisan siswa masih banyak yang tidak benar karena tidak berpedoman pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan juga aturan tata cara penulisan. Siswa hanya sekedar menulis dan tidak mempedulikan sudahkah tulisan tersebut baik dan benar. Maka dari itu penulis merasa tertarik untuk meneliti penulisan siswa dan agar terstrukturnya penelitian penulis mengambil materi narasi yang ada di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan menulis paragraf narasi siswa; 2) Bentuk kesalahan dalam penulisan paragraf narasi siswa; dan 3) Bentuk kesulitan dalam menulis paragraf narasi siswa. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan pendekatan campuran dengan metode deskriptif. Jenis data yang dipakai ialah data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya penulis menggunakan lembar tugas menulis paragraf narasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data terdapat empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas V dalam menulis paragraf narasi termasuk dalam kategori mampu namun masih ada yang perlu di perbaiki. Dilihat dari hasil tes menulis narasi bentuk kesalahan siswa yaitu kesalahan dalam fonologi, kesalahan dalam morfologi, kesalahan sintaksis, kesalahan semantik, serta kesalahan ejaan. Adapun bentuk kesulitan siswa terletak pada segi pengembangan judul berdasarkan tema, sulit dalam menentukan ide pokok, kesulitan dalam pengembangan paragraf serta kesulitan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis; Bentuk kesalahan; Bentuk kesulitan; Paragraf narasi
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Selli Munthaza Alesa
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:55
Last Modified: 12 Jan 2023 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63379

Actions (login required)

View Item View Item