“Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode Giving Question and Getting Answer pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan ‘Alamat’ (Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Abdurrahman tahun pelajaran 2013-2014).

Kurnia, Rohman (2014) “Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode Giving Question and Getting Answer pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan ‘Alamat’ (Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Abdurrahman tahun pelajaran 2013-2014). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi belajar yang kurang kondisif, efektif dan tidak menunjukkan proses interaksi pembelajaran bahasa Arab pokok bahasan Alamat (العنوان) yang komunikatif antara guru dan siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Abdurrahman Kota Bandung ternyata kondisi seperti itu tidak asing lagi bagi siswa. Hal ini dapat diketahui pada guru yang tidak memilihkan metode pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa pada setiap pertemuannya namun guru cinderung menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Motivasi belajar merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya felling dan mendahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan sehingga kekurangan atau ketiadaan motivasi menyebabkan siswa kurang bersemangat untuk melakukan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pelaksanaan pembelajaran siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode Giving Question and Getting Answer dan untuk mengetahui realitas motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode tersebut pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan Alamat pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Abdurrahman Kota Bandung tahun pelajaran 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach) dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan melalui empat langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument angket, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab pokok bahasan Alamat. Realitas pembelajaran yang awalnya tidak menarik, menyenangkan dan tidak menunjukkan proses interaksi pembelajaran yang efektif antara siswa dan guru menjadi semakin hidup dan bermakna bagi siswa, tentunya hal ini merupakan pengaruh dari penggunaan metode Giving Question and Getting Answer dalam pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan alamat dengan dua keterampilan berbahasa yaitu membaca dan menyimak. Keberhasilan siswa dalam penelitian ini dapat di lihat pada motivasi setiap siklus yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata motivasi belajar berada pada kriteria 3,5-4,5 yaitu sebesar 4,1. Artinya motivasi belajar siswa pada siklus I tergolong tinggi, kemudian pada siklus II nilai rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kriteria 4,5-5,5 yaitu sebesar 4,5. Artinya motivasi belajar siswa pada siklus II sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab pokok bahasan ‘Alamat’ dengan menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 10:22
Last Modified: 03 Jul 2018 10:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6337

Actions (login required)

View Item View Item