Dampak peralihan teknologi terhadap solidaritas sosial karyawan industri : Studi deskriptif karyawan Sentra Rajut Binong Jati Bandung

septeadi, septeadi (2022) Dampak peralihan teknologi terhadap solidaritas sosial karyawan industri : Studi deskriptif karyawan Sentra Rajut Binong Jati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Peralihan teknologi ini terjadi pada sebuah industri yang terkenal di Kota Bandung yang bergerak pada sektor pakaian atau bahan baku pakaian yaitu sentra rajut Binong Jati. Awalnya industri ini terkenal karena produksinya secara manual atau dikerjakan oleh manusia tanpa banyak bantuan dari teknologi hingga masuknya era industrialisasi ini merubah banyak aspek didalamnya. Dari adanya peralihan teknologi ini memberikan dampak kepada solidaritas karyawan dari segi produksi serta pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait pembagian kerja, kerjasama serta solidaritas karyawan industri rajut binong jati mengenai produksi dan pemasaran setelah adanya peralihan teknologi. Penelitian ini menggunakan Teori Solidaritas Sosial Emile Durkheim, Teori ini membahas solidaritas sosial, diantara nya mengenai kerjasama dan pembagian kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan solidaritas sosial yang terjadi di Sentra Rajut Binong Jati. Sumber data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari tujuh orang karyawan sentra rajut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi pasif kemudian dilanjutkan wawancara semi terstrukutr kepada karyawan Sentra Rajut serta dokumen berupa dokumen sentra rajut dan foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data dengan mencari hal yang penting lalu difokuskan hingga disajikan sampai pada kesimpulan. Adapun tempat penelitian dilakukan di Sentra Rajut Binong Jati Bandung. Dari hasil penelitian ditemukan pembagian kerja setelah masuknya peralihan teknologi terjadi karena perubahan alat produksi, perubahan system pemasaran, perubahan populasi pekerja. Kerjasama yang nampak saat ini ada saling membantu dalam beradaptasi dengan alat modern serta sosial media dan solidaritas sosial yang terjadi setelah adanya peralihan teknologi karyawan lebih berfokus pada tingkat solidaritas yang dibangun atas dasar pekerjaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: dampak perubahan sosial;teknologi;solidaritas karyawan;industri;sentra rajut binong ;peralihan
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Technology of Industrial Chemicals
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Septeadi Septeadi
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:22
Last Modified: 11 Jan 2023 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63303

Actions (login required)

View Item View Item