Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui potensi budidaya tanaman Porang : Studi deskriptif di Desa Sindangasih Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Cianjur

Aghitsny, Ghinna Nooravia (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui potensi budidaya tanaman Porang : Studi deskriptif di Desa Sindangasih Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan pada sektor ekonomi; sulitnya mencari lapangan pekerjaan menyebabkan tingkat pengangguran dan kemiskinan terus meningkat. Desa Sindangasih merupakan wilayah yang memiliki berbagai potensi sumber daya termasuk potensi dibidang pertanian porang. Namun demikian, hal tersebut tidak menjamin masyarakat terbebas dari permasalahan ekonomi. Oleh sebab itu Asosiasi Petani Penggiat Porang Nusantara hadir sebagai wadah dan penggerak bagi masyarakat dalam mengembangkan potensi pada bidang pertanian porang demi tewujudnya kesejahteraan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Sindangasih melalui budidaya tanaman porang yang berfokus pada tahapan,proses, serta hasil yang dicapai dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Sindangasih oleh Asosiasi P3N. Teori yang dipilih dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat yang dikemukakan oleh Edi Suharto yang membahas tentang bagaimana kegiatan pemberdayaan berjalan sesuai harapan melalui beberapa proses dan tahapan demi tercapainya sebuah tujuan pemberdayaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus Asosiasi P3N, Pemerintah Desa, dan para petani sebagai subjek dalam pemberdayaan ekonomi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Potensi Budidaya Tanaman Porang dilakukan oleh Asosiasi P3N melalui beberapa tahapan dengan cara pengenalan terkait tanaman porang, sosialisasi dan pelatihan, serta dilakukan perlindungan dengan menjadi wadah bagi para petani porang dan menyediakan fasilitas lahan sebagai media utama dalam proses budidaya tanaman porang. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh Asosiasi P3N yaitu melalui beberapa proses seperti: Proses persiapan, proses pelaksanaan, proses pengawasan, proses evaluasi, dan proses terminasi. Hasil yang diperoleh dari pemberdayaan ekonomi ini yaitu dengan berkembangnya potensi yang dimiliki masyarakat sehingga bertumbuhnya usaha pengembangan penghasilan melalui pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat kurang mampu yang ditandai dengan meningkatnya kepedulian terhadap sesama yang dilakukan oleh pengurus P3N. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Potensi Budidaya Tanaman Porang di Desa Sindangasih dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budidaya; Ekonomi; Masyarakat; Pemberdayaan; Porang
Subjects: Econmics
Field and Plantation Crops
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ghinna Nooravia Aghitsny
Date Deposited: 10 Jan 2023 00:44
Last Modified: 10 Jan 2023 00:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63296

Actions (login required)

View Item View Item