Pengaruh respon Muzakki pada manajemen zakat terhadap kesadaran nembayar zakat Fitrah : Studi deskriptif di UPZ Kecamatan Palabuhanratu

Hielmi, Muhammad Irfan (2022) Pengaruh respon Muzakki pada manajemen zakat terhadap kesadaran nembayar zakat Fitrah : Studi deskriptif di UPZ Kecamatan Palabuhanratu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Respon atau tanggapan dapat diartikan sebagai hasil atau kesan yang didapat (ditinggal) dari pengamatan tentang subjek,peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan-pesan. Begitupun dengan unit pengumpul zakat yang sangat butuh sebuah respon ataupun tanggapan dari berbagai pihak agar dapat mengetahui karakteristik masyarakat yang dimana para amillin dapat mencari cara untuk pengelolaan dana zakat dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik masyarakat di Kecamatan Palabuhanratu yang diteliti didua Desa yaitu Buniwangi dan Jayanti, untuk mempermudah para amilin dalam mengelola manajemen zakat di lembaga UPZ Kecamatan Palabuhanratu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori respon dari Steven M. Chaffe. Kognitif, yaitu respon yang berkaitan erat dengan pengetahuan keterampilan dan informasi seseorang mengenai sesuatu. Respon ini timbul apabila adanya perubahan terhadap yang dipahami oleh khalayak. Afektif, yaitu respon yang berhubungan dengan emosi, sikap dan menilai seseorang terhadap sesuatu. Behavioral, yaitu respon yang berhubungan dengan perilaku nyata meliputi tindakan atau kebiasaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif yang memiliki tujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan mengenai respon muzakki terhadap manajemen zakat dan pengaruhnya terhadap kesadaran membayar zakat fitrah di Kecamatan Palabuhanratu dengan proses wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel respon muzakki terhadap manajemen zakat memiliki nilai signifikansi sebesar 69,56% termasuk kategori baik. Untuk variabel kesadaran membayar zakat fitrah sudah baik, dimana kriteria penilaian untuk variabel kesadaran membayar zakat fitrah sebesar 70,11% yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil perhitungan dari koefisien determinasi menunjukan besar pengaruh yang ditimbulkan oleh respon muzakki terhadap manajemen zakat dan pengaruhnya terhadap kesadaran membayar zakat fitrah di desa Buniwangi dan Jayanti Kecamatan Palabuhanratu yaitu sebesar 67,9%. Dengan kata lain adalah bahwa 67,9% respon muzakki terhadap manajemen zakat memberikan dampak peningkatan kesadaran membayar zakat fitrah. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 32,1% merupakan faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran; Manajemen Zakat; Respon
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: muhammad irfan hielmi
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:51
Last Modified: 09 Jan 2023 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63294

Actions (login required)

View Item View Item