Perkembangan perhimpunan Indonesia di negeri Belanda : Analisis pemberitaan Abdul Rivai dalam koran Bintang Timoer edisi tahun 1927

Intani, Wulan Nurmalasari Nurbaeduri (2022) Perkembangan perhimpunan Indonesia di negeri Belanda : Analisis pemberitaan Abdul Rivai dalam koran Bintang Timoer edisi tahun 1927. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai perekembangan Perhimpunan Indonesia di Negeri Belanda dalam pemberitaan koran bintang timoer edisi tahun 1927 yang ditulis oleh Abdul Rivai dan menjadi titik gerak perjuangan Indonesia Merdeka dari negeri Belanda. Diawali dengan munculnya politik etis yang mengakibatkan banyaknya orang Indonesia yang berangkat ke Belanda untuk belajar, lalu orang-orang tersebut mendirikan sebuah perhimpunan yang lama-kelamaan memiliki pengaruh besar bagi kemerdekaan Indonesia. Abdul Rivai yang sedang berada di Belanda pada saat itu memberitakan bagaimana perkembangan dari perhimpunan itu dalam koran bintang timoer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan perkembangan Perhimpunan Indonesia dan analisis pemberitaan Abdul Rivai dalam koran bintang timoer edisi tahun 1927. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, yaitu sebuah metode yang digunakan sebagai pedoman dalam merekontruksi peristiwa di masa lampau. Metode tersebut yaitu: heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Berdasarkan penelitian, maka hasilnya menunjukan bahwa: pertama, Perhimpunan Indonesia didirikan di Belanda pada tahun 1908, dalam masa awal pendiriannya perhimpunan ini bergerak dalam bidang sosial tetapi lama kelamaan mulai bergerak dalam bidang politik. Kedua, Perhimpunan Indonesia di negeri Belanda sebagaimana diberitakan oleh Abdul Rivai dalam koran bintang timoer edisi tahun 1927 ini mengalami perkembangan walaupun terdapat pasang surut yang terjadi. Abdul Rivai banyak menjelaskan bagaimana kondisi para mahasiswa di Indonesia yang mengalami kesusahan terutama karena ulah Raadsman. Tetapi Abdul Rivai juga menjelaskan bagaimana Perhimpunan Indonesia yang ikut terlibat banyak kegiatan internasional seperti Liga Anti Kolonial dan Imperealisme dan Liga Perempuan yang menunjukan bagaimana perkembangan yang terjadi pada Perhimpunan Indonesia tahun 1927 tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perhimpunan Indonesia; Abdul Rivai; Bintang Timoer.
Subjects: Indonesia
History of Southeast Asia > Period of Republic
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Wulan Nurmalasari Nurbaeduri Intani
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:05
Last Modified: 09 Jan 2023 07:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63278

Actions (login required)

View Item View Item