Pengaruh penyesuaian diri dan Perceived Social Support terhadap kemandirian belajar remaja di kota Bandung

Asyifa, Silmi (2022) Pengaruh penyesuaian diri dan Perceived Social Support terhadap kemandirian belajar remaja di kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan sistem pembelajaran diberbagai satuan pendidikan. Akibatnya siswa perlu melakukan penyesuaian diri terhadap perubahan sistem pembelajaran, terutama pada siswa yang berada pada fase perkembangan remaja. Tugas perkembangan remaja diantaranya mencapai kemandirian tanpa ketergantungan pada orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penyesuaian diri dan perceived social support terhadap kemandirian belajar remaja di Kota bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sample accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi linier berganda. Pengambilan data dilakukan secara online melalui googleform dan melibatkan 355 responden. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan penyesuaian diri dan kemandirian belajar remaja berada dalam kategori cukup rendah, perceived social support berada pada kategori sedang dan tinggi. Uji F ANOVA menunjukkan nilai sig. 0.000 dan koefisien determinasi sebesar 0.585, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan positif penyesuaian diri dan perceived social support terhadap kemandirian belajar remaja di Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri; Perceived Social Support; Persepsi Dukungan Sosial; Kemandirian Belajar; Remaja; Kota Bandung;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Silmi Asyifa
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:18
Last Modified: 11 Jan 2023 00:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63254

Actions (login required)

View Item View Item