Pengaruh jumlah Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT BRI Syariah periode 2011-2020

Lusyani, Irma (2022) Pengaruh jumlah Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT BRI Syariah periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa ketidaksesuaian antara teori dengan data yang ditemukan. Sehingga dapat dikatakan bahwa, apabila Capital Adequacy Ratio (CAR) meningkat maka bank akan semakin kuat kemampuan untuk menanggung risiko pada setiap pinjaman. Hal ini berpengaruh pada jumlah Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Profit Margin (NPM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin, pengaruh Financing to Deposit Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin, serta pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Financing to Deposit Ratio secara simultan terhadap Net Profit Margin pada PT. BRI Syariah Periode 2011-2020. Kerangka pemikiran pada penelitian ini mengacu pada teori yang menyatakan bahwa Capital Adequacy Ratio berpengaruh terhadap Net Profit Margin, dimana jika nilai Capital Adequacy Ratio naik maka nilai Net Profit Margin turun, begitupun dengan Financing to Deposit Ratio berpengaruh terhadap Net Profit Margin, sebaliknya jika nilai Capital Adequacy Ratio dan Financing to Deposit Ratio mengalami penurunan maka akan berdampak kepada turunnya Net Profit Margin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, bertujuan untuk membuktikan data tersebut berpengaruh atau tidak. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dalam laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis penelitian ini menggunakan pengujian regresi linier, korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji f) serta diperkuat dengan perhitungan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial berpangaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin dengan hasil uji t , dengan nilai koefisien determinasi sebesar 47,9%. Financing to Deposit Ratio secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Net Profit Margin, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 31,6%. Sedangkan secara simultan Capital Adequacy Ratio dan Financing to Deposit Ratio terhadap Net Profit Margin berpengaruh positif, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 48,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Irma Lusyani
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:29
Last Modified: 09 Jan 2023 00:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63232

Actions (login required)

View Item View Item