Peran Agrowisata dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Wana Wisata Kampoeng Ciherang Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Mubarok, Husni (2022) Peran Agrowisata dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Wana Wisata Kampoeng Ciherang Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Desa wisata dewasa ini telah menjamur di berbagai daerah terkhusus di daerah Sumedang dengan hadirnya Kampoeng Ciherang, ini merupakan bentuk komitmen swadaya masyarakat dan pemerintah daerah dalam memajukan taraf ekonominya dengan cara wisata. Namun, dalam beberapa kasus, desa wisata kerap kali mengalami koleps dalam hal SDM yang memang tidak terlatih dan terampil dalam hal pelayanan kepada para pengunjung, untuk itu diperlukan sebuah pemberdayaan terhadap berbagai aspek termasuk karyawan, masyarakat dan pemerintah setempat agar mereka mampu mendulang rupiah dari adanya Desa Wisata Kampoeng Ciherang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana dampak dan peran yang diberikan oleh adanya Desa Wisata Kampoeng Ciherang dalam memberdayakan masyarakat sekitarnya menuju tatanan ekonomi yang sejahtera. Teori yang ajukan dalam penelitian ini merupakan teori Jim Ife dan Dr. Sya msir Torang. Dimana dalam hal ini, bahwa pemberdayaan merupakan bentuk partisipasi dari pengelola kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan bekal ekonomi bisnis untuk masyarakat dalam menyongsong masa depan mereka agar menjadi lebih baik lagi. Di dalam peneltian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memaparkan penjelasan serta fakta- fakta mengenai peran agrowisata dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberdaaan ekonomi masyarakat melalui agrowisata di Wana Wisata Kampung Ciherang Desa Cijambu Kecematan Tanjungsari Kabupaten Sumedang didapatkan sebagai berikut; Pertama, mayoritas masyarakat sekitar merasa terbantu dalam taraf pendapatan ekonomi serta mendapatkan Pendidikan dalam menegelola sehingga dengan adanya kampoeng wisata Ciherang menjadi role model dan terbukanya banyak lapangan kerja. Kedua, pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pertanian, perikanan dan yang lainnya terbutki mampu meningkatkan skill dan keterampilan warga sekitar dibuktikan juga dengan adannya pengakuan beberapa masyarakat yang telah diwawancarai oleh peneliti. Ketiga, adanya teknologi memungkinkan pemberdayaan ekonomi bisa menjadi lebih cepat, hal ini kemudian didukung juga dengan adanya pesona wahana Kampoeng Wisata Ciherang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan; Ekonomi
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Husni Mubarok
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:37
Last Modified: 06 Jan 2023 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63226

Actions (login required)

View Item View Item