Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan agrowisata Desa Cisande: Studi deskriptif di Kampung Pondoklengsir Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi

Anam, Muhammad Khaerul (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan agrowisata Desa Cisande: Studi deskriptif di Kampung Pondoklengsir Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya agrowisata pondokleungsir di desa cisande yang dimana mempunyai potensi besar dalam hal pariwisata terutama wisata agronya yang dimana sukabumi masih mempunyai lahan hijau yang sangat luas, maka dari itu pemerintahan desa cisande berinisiatif untuk memberdayakan masyarakat serta mengembangkan potensi wisata tersebut sehingga memberikan nilai tambah dalam usaha. Dengan adanya agrowisata ini masyarakat diharapkan menjadi mandiri serta dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat cisande serta ikut berkontribusi aktif dalam memberdayakan masyarakat yang dilakukan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan agrowisata serta strategi yang digunakan untuk memajukan serta mengembangkan agrowisata. Kemudian pencapaian atau hasil dari keseluruhan kegiatan agrowisata untuk mensejahterakan masyarakat sekitar wisata agro. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini oleh Sulistiyani yaitu tentang Tahapan pemberdayaan yang harus dilalui:1.Tahap penyaradaran 2.Tahap tranformasi kemampuan 3.Tahap peningkatan kemampuan. Pendekatan ini menerapkan gambaran proses pemberdayaan agrowisata cisande dan mentranformasikan kemampuan dari kecakapan keterampilan agar terbuka wawasan dan memberikan keterampilan dasar sehingga dapat mengambil peran dalam pembangunan agrowisata, serta meningkatkan kemampuan kecakapan keterampilan sehingga terbentuk inisiatif dan kemampuan inovatif untuk mengantarkan kemandirian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalitis dengan cara reduksi data, klasifikasi data, verifikasi data kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan yang dilakukan oleh pengelola agrowisata kp. Pondokleungsir dapat dikatan berhasil adapun indikator keberhasilanya yang pertama, dalam proses pemberdayaan yaitu dengan persiapan tenaga kerja agrowisata. Kedua, dengan perencanaan program mensejahterakan masyarakat cisande. Ketiga, pelaksanaan dalam tahapan ini yaitu masyarakat berkontribusi membangun dan memberdayakan daerahnya. Strategi yang dilakukan oleh pihak pengelola dengan cara: adanya pelayanan yang baik, pelatihan wisata agro, menyediakan sarana dan prasarana kerja sama dengan lembaga lain. Hasil dari pemberdayaan agrowisata yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat, kesejahteraan masyarakat meningkat serta memiliki keterampilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; Pemberdayaan Masyarakat; Agrowisata
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhamad Khaerul Anam
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:01
Last Modified: 06 Jan 2023 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63224

Actions (login required)

View Item View Item