Implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada pelajaran Qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah : Studi kasus pada kelas VIII Di MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Waffi, Muhammad Rizal (2022) Implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada pelajaran Qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah : Studi kasus pada kelas VIII Di MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.PDF

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.PDF

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.PDF

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.PDF

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya konflik-konflik baik agama, sosial, ras dan golongan masyarakat. Di samping itu juga lembaga pendidikan menjadi target utama oknum-oknum untuk menanamkan paham-paham yang salah, sehingga bermunculannya paham radikalis dan intoleran di kalangan peserta didik, remaja, dan mahasiswa. MTs Miftahul Falah merupakan lembaga pendidikan yang selalu bersikap moderat, hal tersebut dilatarbelakangi dengan adanya lembaga pesantren di MTs Miftahul Falah yang mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatannya. Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian, 1) Apa saja nilai-nilai moderasi beragama yang berkaitan dengan materi pelajaran Qur’an Hadis Kelas VIII di MTs Miftahul Falah Kota Bandung, 2) Bagaimana proses implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran! Qur’an! Hadis! Kelas VIII di MTs Miftahul Falah Kota Bandung, 3) Bagaimana hasil implementasi moderasi beragama pada pelajaran Qur’an Hadis Kelas VIII di MTs Miftahul Falah Kota Bandung Implementasi nilai-nilai moderasi beragama adalah upaya penerapan nilai-nilai moderasi beragama dengan harapan mengurangi kekerasan dan ekstremesme. Dalam rumusan kementrian agama islam RI, nilai-nilai moderasi beragama yaitu: tawasuth (mengambi jalan tengah), tawazun (berkeseimbangan), al-Adl (adil), tasamuh (toleransi), musawah (egaliter), syura (musyawarah). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara kepada pihak sekolah dan peserta didik kelas VIII, observasi dilakukan di sekolah dan peneliti tidak terlibat dalam kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi seperti buku, LKS, struktur organisas. Angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait sikap moderasi beragama. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Nilai-nilai moderasi beragama yang berkaitan dengan materi pelajaran al-quran hadis kelas VIII di MTs Miftahul Falah kota Bandung adalah keseimbangan (tawazun) yang berkaitan dengan materi kehidupan dunia dan akhirat, toleransi (tasamuh) yang berkaitan dengan materi kepedulian sosial dan materi tentang peduli kepada anak yatim piatu, 2) Proses implementasi nilai-nilai moderasi beragama diawali dengan proses internalisasi nilai dengan tiga tahap,yaitu: tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap transinternalisasi nilai, 3) Hasil implementasi nilai-nilai moderasi beragama di MTs Miftahul Falah kota Bandung tercermin pada sikap peduli, tolong-menolong, musyawarah, dan adil, dan berdasarkan hasil angket yang telah dijawab oleh responden, nilai toleransi ini mendapatkan capaian sebesar 89,8%, sedangkan untuk nilai keseimbangan mendapatkan sebesar 85,6%, dan untuk nilai adil mendapatkan hasil sebesar 87,7%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Moderasi Beragama;Pelajaran Quran Hadits;Madrasah Tsanawiyah
Subjects: General Organizations in Indonesia
Education
Education > Miscellany of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Muhammad Rizal Waffi
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:23
Last Modified: 06 Jan 2023 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63223

Actions (login required)

View Item View Item